KSAU Pastikan Alutsista Disiapkan secara Cermat dan Hati-Hati

Jum'at, 10 Juni 2022 - 05:20 WIB
loading...
KSAU Pastikan Alutsista Disiapkan secara Cermat dan Hati-Hati
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memastikan pihaknya mempelajari dan menyiapkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) secara cermat dan hati-hati. Foto/tni-au.mil.id
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memastikan pihaknya mempelajari dan menyiapkan alat utama sistem persenjataan ( alutsista ) secara cermat dan hati-hati. Dua hal itu dilakukan sebagai pembina kekuatan TNI AU.

Hal itu dikarenakan, penggunaan alutsista tidak hanya diperuntukkan dalam waktu singkat, namun bisa bertahan lama dan berkelanjutan hingga generasi berikutnya. "Kami betul-betul mempelajari, menyiapkan dengan hati-hati dan cermat. Karena hitungannya adalah pembelian alutsista tidak digunakan dalam 3-5 tahun, tapi sampai 40 tahun. Tentunya harus membutuhkan perencanaan cermat dari generasi ke generasi dan dilanjutkan," ujar Fadjar di Kawasan Halim, Jakarta Timur, Kamis (9/6/2022).

Oleh karena itu Fadjar mengatakan, bila para pecinta kedirgantaraan memiliki masukan segera disampaikan. Menurut dia, pihaknya amat terbuka terkait hal tersebut.

Baca juga: KSAU Beber Daftar Kebutuhan Alutsista TNI AU untuk Bentengi Ibu Kota Baru



"Saya bersama rekan-rekan di Mabes, dan juga kita sangat membutuhkan masukan-masukan dari para pecinta kedirgantaraan. Sekarang sudah dapat, mudah mendapatkan data-data dari sumber-sumber terbuka," tuturnya.

Dirinya pun mengakui, tidak ada satupun negara yang menginginkan perangkat, namun jika itu benar-benar terjadi makan harus dalam kondisi siap. Lebih jauh dijelaskan, dengan perkembangan zaman yang pesat, membuat segala bentuk informasi terkait kekuatan pertahanan masing-masing negara lebih terbuka.

"Memang tidak ada yang ingin berperang, tapi kita juga harus siap, tolok ukur apa bahwa kita itu siap? Sekarang dengan adanya keterbukaan semua bisa melihat besaran anggaran kita, mereka bisa melihat kesiapan pesawat kita, tetapi bukan terus kita tidak memiliki cara untuk bisa membangun," ucapnya.
(rca)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1693 seconds (11.97#12.26)