Forum Rektor Didorong Aktif Bantu Selesaikan Radikalisme di Kampus

Kamis, 09 Juni 2022 - 16:32 WIB
loading...
A A A
"Inilah relevansi daripada pentingnya melibatkan semua pihak atau multipihak untuk ikut berperan dalam penanggulangan radikalisme dan terorisme itu," ujar alumnus Akpol 1989 ini.

Dengan adanya Forum Rektor, Nurwakhid berharap agar henti-henti menjaga lingkungan kampus dari pengaruh penyebaran paham radikal, terorisme. Sebab, sejatinya tidak ada kaitannya radikalisme dan terorisme itu dengan lingkungan kampus.

Para Rektor, menurut Nurwakhid, memiliki tanggung jawab moral terhadap mahasiswa, maupun kampus untuk selalu memperhatikan kegiatan-kegiatan yang bersifat ekstra kampus, seperti rohis.

Sementara itu, Rektor IAIN Metro Lampung Dr Siti Nurjanah mengatakan bahwa tujuan diadakannya FGD ini adalah agar rektor bertanggung jawab terhadap lingkungan kampusnya.

"Ini agar mahasiswanya, dosen dan pegawai tidak terpapar, tidak terindikasi dengan paham-paham radikal yang justru akan mengarah pada tindakan terorisme di perguruan tinggi. Dan berikutnya adalah meneguhkan moderasi beragama di segala sektor," kata Ngariksa.

Menurutnya, ada empat indikator moderasi beragama. Pertama, komitmen kebangsaan dengan mencintai Tanah Air dan setia kepada negara, menjalankan apa yang tertuang dalam ideologi Pancasila, dan Undang-undang dasar 1945.

"Kedua yakni toleransi di tengah masyarakat. Ketiga, perlunya melaksanakan anti kekerasan dengan menolak radikalisme, terorisme dan intoleran. Dan yang keempat adalah menghargai tradisi budaya lokal,” ujarnya.

Karena itu, dalam FGD tersebut pihaknya memberikan enam masukan rekomendasi untuk disampaikan kepada para pemangku kepentingan. Salah satunya segera membuat regulasi berupa Perppu tentang pelarangan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Tentunya harus segera diterbitkan karena hal itu sangat penting dalam rangka untuk memutus mata rantai atau aliran-aliran yang berpaham radikal tadi," katanya.

FGD dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto, Wakil Wali Kota Metro Qomaru Zaman, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kaban Kesbangpol) Provinsi Lampung Firsada, Ketua GP Ansor Lampung Timur M Muslih, para tokoh ormas, ulama dan para Rektor PTKIN dan Rektor Perguruan Tinggi se Provinsi Lampung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)