Pendidikan dan Pelatihan Komcad Matra Laut, KSAL Yudo: 2 Bulan Lagi Dilantik

Kamis, 09 Juni 2022 - 05:39 WIB
loading...
Pendidikan dan Pelatihan Komcad Matra Laut, KSAL Yudo: 2 Bulan Lagi Dilantik
Pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) dari Matra Laut akan selesai dalam dua bulan lagi. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyebut pendidikan dan pelatihan Komponen Cadangan (Komcad) dari Matra Laut akan selesai dalam dua bulan lagi. Di mana, pelatihan mulai berlangsung sejak satu bulan lalu atau Mei 2022.

Yudo mengatakan, para peserta Komcad Matra Laut menjalani pelatihan dan pendidikan di di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Surabaya, Jawa Timur.

”Komcad sedang berjalan di Komando Pendidikan Marinir Kodikmar Surabaya. Dilaksanakannya di sana karena memiliki sarana prasarana pendidikan yang memadai. Ini sudah berjalan satu bulan,” ungkap Yudo di Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (8/6/2022).

Yudo memaparkan, selepas pendidikan dan pelatihan Komcad rampung terlaksana, dirinya akan segera melaporkan hal tersebut ke Kementerian Pertahanan (Kemhan). Hal itu bertujuan agar para peserta Komcad dapat segera dilantik.

”Dari kita diberi jatah 500 orang, waktunya 3 bulan. Nanti dua bulan lagi akan kita laporkan kepada Kemhan untuk dilaksanakan pelantikan seperti yang lalu,” ujarnya.



Sebagai informasi,Kemhan akan membentuk 5 Batalion dari program Komponen Cadangan (Komcad) Tahun 2022. Nantinya, matra darat akan memiliki 3 Batalion, dan matra laut dan udara masing-masing 1 Batalion.

Adapun satu Batalion berjumlah 500 orang. Untuk matra darat 3 Batalion, masing-masing 500 orang di Kodam II/Swj, Kodam VI/Mulawarman dan Kodam XIV/Hasanuddin.

Kemudian 500 orang matra laut di Kodikmar Surabaya, serta 500 orang matra udara di Pusdiklat Pasgat, Bandung.

Pembentukan Komcad merupakan persiapan dini pembangunan sistem pertahanan negara. Mereka dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat komponen utama (TNI).
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2538 seconds (0.1#10.140)