Apresiasi Penangkapan Buronan Jepang, Komisi III DPR Puji Koordinasi Polri-Imigrasi

Rabu, 08 Juni 2022 - 15:30 WIB
loading...
Apresiasi Penangkapan Buronan Jepang, Komisi III DPR Puji Koordinasi Polri-Imigrasi
Komisi III DPR mengapresiasi kerja sama Polri dengan Ditjen Imigrasi Kemenkumham yang berhasil menangkap buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) di Lampung. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Komisi III DPR mengapresiasi kerja sama Polri dengan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang berhasil menangkap buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) di Lampung.

Menurut Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni, tertangkapnya buronan ini dalam waktu singkat lantaran terciptanya koordinasi yang baik dan cepat antarlembaga. Baca juga: Imigrasi: Buronan Jepang Mitsuhiro Taniguchi Sudah 1,5 Tahun Tinggal di Indonesia

“Ini adalah contoh valid di mana kerja sama antar lembaga itu bisa menghasilkan kinerja yang ciamik dan membanggakan. Karenanya kita patut mengapresiasi seluruh pihak yang terkait, baik itu kepolisian maupun Imigrasi karena mereka berhasil dengan cepat menangkap buronan asal Jepang tadi. Ini buronan yang sangat dicari di Jepang karena sudah merugikan negaranya lebih dari Rp100 miliar,” ujar Sahroni kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Menurut Bendahara Umum Partai Nasdem ini, keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari adanya koordinasi antarlembaga yang tidak hanya kompak, namun juga cepat dan terukur.

“Ini adalah contoh kerja sama antar lembaga yang kompak, terukur dan cepat. Kalau lembaga-lembaga yang ada terutama lembaga penegakan hukum aktif bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik, maka akan banyak masalah yang cepat selesai di negara ini,” jelasnya.

Selain itu, Sahroni berharap koordinasi yang baik antara Polri dan Imigrasi ini dapat dijadikan contoh oleh lembaga lain untuk memperbaiki sistem koordinasinya antarlembaga dalam menyelesaikan sebuah kasus atau masalah. Baca juga: Ditangkap di Lampung, Buronan Mitsuhiro Taniguchi Segera Dipulangkan ke Jepang

“Selama ini banyak masalah terbengkalai karena ego sektoral masing-masing instansi atau lembaga. Maka dari contoh keberhasilan Imigrasi dan kepolisian ini, diharapkan kerja sama antar instansi yang terbentuk di Indonesia juga bisa lebih baik lagi,” tandas Legislator asal Tanjung Priok ini.
(kri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3827 seconds (11.97#12.26)