Ditangkap di Lampung, Buronan Mitsuhiro Taniguchi Segera Dipulangkan ke Jepang

Rabu, 08 Juni 2022 - 14:03 WIB
loading...
Ditangkap di Lampung, Buronan Mitsuhiro Taniguchi Segera Dipulangkan ke Jepang
Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan pihaknya bakal segera memulangkan buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) ke negara asalnya. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bakal segera memulangkan buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) ke negara asalnya. Ditjen Imigrasi saat ini sedang berkoordinasi dengan Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang untuk memulangkan Mitsuhiro Taniguchi (MT).

"Direktorat Jenderal Imigrasi akan berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Jepang untuk proses pemulangan warga negara Jepang tersebut ke negara Jepang," ujar Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, I Nyoman Gede Surya Mataram saat menggelar konpers melalui daring, Rabu (8/6/2022).

Gede Surya Mataram menjelaskan mulanya Ditjen Imigrasi mendapat laporan dari otoritas Jepang bahwa terdapat seorang warga negaranya yang sedang diburu. Warga negara Jepang yang sedang diburu tersebut yakni, Mitsuhiro Taniguchi. Otoritas Jepang menjelaskan bahwa paspor Mitsuhiro Taniguchi telah dicabut.

"Pada saat itu atase kepolisian dan atase pertahana yang mencari warga negara Jepang atas nama inisialnya MT yang menyatakan bahwa paspornya telah dibatalkan oleh pemerintah Jepang," bebernya.

Ditjen Imigrasi juga mendapat informasi bahwa Mitsuhiro Taniguchi ternyata berada di Lampung. Ditjen Imigrasi kemudian bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mencari Mitsuhiro Taniguchi di Lampung. Alhasil, Mitsuhiro Taniguchi berhasil diamankan pada Selasa 7 Juni 2022, sekira pukul 22.30 WIB.

"Pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2022, tepatnya pukul 22.30 WIB, kami mendapatkan laporan bahwa warga negara Jepang yang sedang dicari tersebut diamankan oleh jajaran Keimigrasian Lampung bersama Polsek Tegalrejo untuk dibawa ke Jakarta ke Direktorat Jenderal Imigrasi," jelasnya.

Sekadar informasi, buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi berhasil diamankan oleh tim gabungan dari pihak kepolisian dan keimigrasian. Mitsuhiro Taniguchi ditangkap di daerah Tegalrejo, Lampung, pada Selasa 7 Juni 2022, malam.

Mitsuhiro Taniguchi merupakan buronan terkait kasus dugaan penipuan dana subsidi bagi usaha kecil yang mengalami dampak pandemi Covid-19. Dia diburu oleh otoritas penegak hukum Jepang atas perbuatannya tersebut.

Mitsuhiro Taniguchi dikabarkan telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia ditetapkan sebagai tersangka bersama pihak lainnya yakni, Rie Taniguchi (45), Daiki (22) dan putra keduanya yang namanya belum disebutkan berusia 21 tahun.

Para tersangka diduga diminta oleh Mitsuhiro mengajukan pengembalian pajak atas nama orang yang telah terdaftar di kantor pajak atau memalsukan permohonan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)