Hadiri IsBD di Mesir, Waketum MUI Paparkan Solusi Pengentasan Kemiskinan

Kamis, 02 Juni 2022 - 20:08 WIB
loading...
Hadiri IsBD di Mesir, Waketum MUI Paparkan Solusi Pengentasan Kemiskinan
Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Marsudi Syuhud menghadiri dialog yang digelar Islamic Development Bank (IsDB) di Mesir. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Islamic Development Bank (IsDB) menggelar dialog internasional yang membahas upaya pengentasan kemiskinan di negara-negara yang tergabung dalam OIC atau Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Acara yang mengangkat Tema “16th Global Forum on Islamic Finance Reducing Poverty Through Social Innovation and Social Intrepreneurship” ini diselenggarakan di Sharm Syech, Mesir, Kamis (2/6/2022).

Wakil Ketua Umum (Waketum) Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Marsudi Syuhud yang menghadiri acara tersebut mengatakan pengentasan kemiskinan tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah. Namun juga harus bersama dengan masyarakat dengan organisasi-organisasi sosial kemasyarakatan.



"Di Indonesia ada banyak organisasi sosial kemasyarakatan dan keagamaan yang concern terhadap isu ini, NU, Muhammadiyah, MUI, serta pondok-pondok pesantren yang berjumlah 26.000 lebih yang juga bergabung dalam Induk Koperasi Pesantren (Inkopontren) terus mendorong untuk menambah dan mengembangkan jumlah entrepreneur dan pengusaha di Indonesia," kata Marsudi Suhud yang dikenal sebagai Kiai Ekonomi Pembina Inkopintren.



Pengasuh Pondok Pesantren Ekonomi Darul Uchwah menyebut, sebuah negara maju karena pengusahanya maju dan jumlahnya besar. Saat ini, jumlah pengusaha di Indonesia masih kisaran 3,6% lebih rendah jika dibandingkan dengan negara tetangga. Sementara di negara-negara maju jumlahnya mencapai 11%

Untuk itu, Marsudi Syuhud berharap muncul pengusaha-pengusaha dari desa. Jika setiap desa mampu menciptakan satu pengusaha yang bisa menjual hasil produk dari desa itu maka dipastikan negara akan maju. "Insya Allah desa akan maju, negara maju, bangsa makmur, karena bangsa yang kuat adalah bangsa yang pengusahanya terdistribusi di setiap desa," tutupnya

Acara annual meetings yang digelar 1-4 Juni 2022 dibuka oleh President IsDB Mohammad Al Jaser ini diharapkan saling membantu dalam penanganan kemiskinan di negara-negara berkembang yang negaranya mayoritas berpenduduk muslim.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)