Bamsoet Ajak KNPI Sosialisasikan Empat Pilar MPR melalui Olahraga

Selasa, 31 Mei 2022 - 15:25 WIB
loading...
Bamsoet Ajak KNPI Sosialisasikan Empat Pilar MPR melalui Olahraga
Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak KNPI 2022-2025 pimpinan Haris Pertama untuk ikut menyosialisasikan Empat Pilar MPR ke kalangan anak muda di berbagai daerah. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengajak Komite Nasional Pemuda Indonesia ( KNPI ) 2022-2025 pimpinan Haris Pertama untuk ikut menyosialisasikan Empat Pilar MPR ke kalangan anak muda di berbagai daerah. Sosialisasi bisa dilakukan melalui kegiatan olahraga.

Salah satu yang telah disepakati adalah penyelenggaraan kejuaraan balap motocross memperebutkan Piala Ketua MPR RI. Pelaksanaanya akan dilakukan oleh KNPI Sulawesi Selatan di bawah kepemimpinan Arham Mattayang.

"Sinergi IMI dan KNPI memberikan kesempatan kepada pembalap motocross untuk mengasah kemampuannya, sehingga bisa melahirkan atlet balap profesional yang bisa mengharumkan Indonesia di kancah internasional," kata Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo, yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini, usai menerima Ketua KNPI Haris Pertama bersama Pengurus KNPI dari 34 provinsi, di Jakarta, Selasa (31/5/22).



Bamsoet menambahkan, sebagai Ketua Umum PB KODRAT, ia juga mengajak KNPI untuk berkolaborasi memasyarakatkan tarung derajat yang merupakan olahraga seni bela diri khas Indonesia. Selain telah digunakan sebagai materi wajib yang dipelajari para taruna/taruni di Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) serta personel TNI-Polri di berbagai kesatuan, melalui KNPI, Tarung Derajat bisa dikenalkan ke kalangan muda bangsa.

Mantan Ketua DPR ini menjelaskan, selain memajukan olahraga dan semangat kebangsaan, KNPI juga harus hadir dalam meningkatkan perekonomian nasional. Dengan jumlah kader yang tersebar di berbagai wilayah, KNPI harus bisa menjadi kekuatan ekonomi dengan melahirkan berbagai bidang usaha yang memberikan kesejahteraan bagi para anggotanya.

Bamsoet memaparkan, setelah lebih dari tiga perempat abad merdeka, cita-cita kemakmuran yang berkeadilan belum sepenuhnya tercapai. Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, tingkat kemiskinan berdasarkan garis kemiskinan pemerintah, walaupun sudah mencapai satu digit yaitu 9,7% pada September 2021, tapi dari segi jumlah penduduk miskin masih cukup tinggi, yaitu 26,5 juta jiwa.

"Jumlah ini lebih banyak dari populasi penduduk Benua Australia yang hanya sebanyak 25,5 juta jiwa," jelas Bamsoet.

Baca juga: Bertemu 34 Pengurus KNPI, Bamsoet: Terus berbuat untuk Kepentingan Rakyat Indonesia

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini mengingatkan kepada para kader KNPI bahwa Indonesia telah ditakdirkan menjadi bangsa yang majemuk. Anugerah tersebut patut disyukuri dengan cara menghargai kemajemukan sebagai kekayaan dan kekuatan bagi bangsa Indonesia.

"Kerukunan haruslah menjadi kebutuhan bagi kita, karena kebhinnekaan adalah elemen pembentuk bangsa. Jadi, ke-bhinnekaan bukan hanya fakta sosiologis yang hanya diterima sebagai sesuatu yang given, tetapi harus terus menerus diperjuangkan," kata dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan KADIN ini.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)