Pesawat Tempur Andalan TNI AU, Semuanya Bikin Gemetar Musuh

Minggu, 29 Mei 2022 - 05:42 WIB
loading...
A A A
Termasuk dilengkapi radar canggih seperti, ALR-69 Radar Warning Receiver (RWR), ALQ-213 Electronic Warfare Management System (EWMS), ALE-47 Countermeasures. New radar APG-68(V)9.

Kehebatan radar ini adalah mampu mendeteksi sasaran di atas permukaan yang lebih jauh yaitu, meningkat lebih dari 30% daripada radar sebelumnya. Selain itu pada mode udara ke udara.

Radar ini juga memiliki beberapa fitur baru antara lain, dapat melakukan akuisisi beberapa target sekaligus untuk penembakan rudal dari udara ke udara. Secara khusus peningkatan kekuatan radar adalah salah satu hal yang menjadi game changer. Sehingga pesawat dapat mengunci dan menembak empat target udara secara simultan.

Tidak hanya itu pesawat ini juga mampu menembak target tanpa harus melihat. F-16 membawa smart ammunition, bisa melakukan penembakan tanpa melihat dan juga punya kamera yang super canggih yang bisa melihat secara detail, sangat presisi.

5. Sukhoi Su-27
Pesawat Tempur Andalan TNI AU, Semuanya Bikin Gemetar Musuh

Foto: Muraselon

Pesawat tempur Sukhoi Su-27 punya jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan serta manuver yang tinggi. Pesawat ini sering disebut hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip.

Namun, Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

6. Sukhoi Su-30
Pesawat Tempur Andalan TNI AU, Semuanya Bikin Gemetar Musuh

Foto: Vitaliy Nevar TASS

Dikembangkan oleh negara Rusia pada Tahun 1996, Sukhoi Su-30 merupakan pesawat tempur multifungsi, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Pesawat ini dapat disandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat.
(maf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)