Di Festival Kopi Nusantara, Puan Tunjukkan Kepedulian pada Petani

Sabtu, 28 Mei 2022 - 15:44 WIB
loading...
Di Festival Kopi Nusantara, Puan Tunjukkan Kepedulian pada Petani
Ketua DPR Puan Maharani diketahui menggelar Festival Kopi Nusantara 2022 di Parkir Timur Selatan Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/5/2022). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani diketahui menggelar Festival Kopi Nusantara 2022 di Parkir Timur Selatan Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/5/2022). Sikap ini dinilai menunjukkan kepeduliannya pada petani .

Hal ini dikatakan koordinator Forum Pemuda Peduli Pertanian Indonesia (FP3I) Adetya Bayu Pamungkas. Dia menyebut Puan punya perhatian mendalam pada petani khususnya petani kopi.

"Momen acara festival kopi Tanah Air tunjukkan dirinya peduli pada petani. Puan menunjukkan dukungan penuh bagi mereka," ujarnya melalui siaran pers, Sabtu (28/5/2022).

Dia menyatakan petani kopi sekarang diuntungkan situasi dengan tingginya permintaan di pasar. Hal ini mesti dipersiapkan sebaik mungkin agar petani kopi dapat beradaptasi memenuhi keinginan pasar. Baginya ini mesti dilakukan agar petani dapat semakin sejahtera.

Dengan adanya festival kopi Tanah Air, lanjutnya, adalah upaya untuk menuju ke arah sana. Kegiatan ini dapat semakin membumikan beragam jenis kopi di tengah masyarakat. Semakin publik paham terkait perkopian, ini secara tidak langsung akan membuat kenaikan permintaan kopi di pasar.

"Semakin publik mengenal beragam kopi artinya mereka semakin teredukasi mengenal beragam tipe kopi. Ini nanti akan berlanjut pada tahap konsumsi mereka ke kopi yang semakin meningkat," jelasnya alumnus Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) ini.

Bayu berharap agenda serupa dilakukan konsisten dan berlanjut di masa depan. Hal tersebut, kata dia, nantinya akan berefek pada kemajuan dunia kopi Indonesia. Puan menurutnya telah memberi contoh baik dengan kepeduliannya ke petani dan dapat menginspirasi banyak pihak.

Sebagaimana diketahui, Puan membuka Festival Kopi Tanah Air yang digelar di Parkir Timur Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Jumat (27/5/2022). Adapun acara ini digagas PDIP. Dalam kesempatan itu, kemudian Puan ikut menyeduh dan mencicipi kopi.

Puan menuturkan saat berkeliling Indonesia selalu melihat hampir di tiap kota pasti banyak kedai kopi. Di Jakarta saja, mungkin tiap beberapa ratus meter, ada saja tempat kopi baru bermunculan. Biji-biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia juga dijual di mana-mana dan kualitasnya bagus-bagus sampai dicari di mancanegara.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2449 seconds (0.1#10.140)