Menerka Kekuatan Projo, Bisakah Memberi Pengaruh di Pilpres 2024?

Rabu, 25 Mei 2022 - 08:53 WIB
loading...
Menerka Kekuatan Projo, Bisakah Memberi Pengaruh di Pilpres 2024?
Relawan Pro Jokowi (Projo) mengklaim memiliki kekuatan politik untuk menyongsong gelaran Pilpres 2024 dan memberikan sinyal mendukung Ganjar Pranowo. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Pro Jokowi (Projo) mengklaim memiliki kekuatan politik untuk menyongsong gelaran Pilpres 2024. Bahkan, mereka sudah memberikan sinyal mendukung Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Baca juga: Disepakati, Pemilu Digelar 21 Februari 2024 dan Pilkada 27 November 2024

Bagaimana uji materi kekuatan Projo yang punya kedekatan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan sudah cukup lama berada di kekuasaan?

Baca juga: Menebak Komposisi Capres 2024



Menanggapi hal itu, Pengamat Politik Adi Prayitno mengatakan, bila Projo memiliki kekuatan untuk mendukung salah satu pasangan calon, mereka harus berani untuk mendirikan partai politik (parpol).

"Sebaiknya Projo jadi parpol sekaligus uji materi kekuatan politiknya di bawah. Didukung rakyat atau tidak. Selama ini Projo mengklaim dekat dan memperjuangkan rakyat," kata Adi, Rabu (25/5/2022).

Menurut dia, pemilu adalah pembuktian dukungan rakyat. Selain itu, masih ada waktu bagi Projo bikin partai dan verifikasi faktual di KPU.

"Tapi rasanya Projo tak tertarik jadi parpol, terlihat projo lebih nyaman jadi ormas ketimbang jadi parpol. Ormas lebih fleksibel dan bisa klaim kanan kiri," ujarnya.

"Bikin partai itu susah dan rumit. Sudah banyak contohnya partai baru yang dibuat elit negara bubar di tengah jalan dan tak lolos ke senayan. Faktor kerumitan inilah yang sepertinya bikin Projo enggak tertarik jadi partai," tambahnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1044 seconds (10.101#12.26)