Kemenparekraf Siapkan Trainer Andal Perkuat Kampanye Sadar Wisata

Selasa, 24 Mei 2022 - 20:35 WIB
loading...
A A A
"Kegiatan ini sebagai tahapan persiapan dalam implementasi program peningkatan pengetahuan dan wawasan, serta pembangunan pola pikir masyarakat agar menjadi pemeran aktif dalam pengembangan pariwisata di daerahnya, khususnya desa wisata," kata Florida.

Materi yang disampaikan meliputi beberapa modul. Diantaranya tentang Gerakan Sadar Wisata, Inovasi Produk Pariwisata Kewirausahaan, pariwisata berkelanjutan dan lainnya. Menurut Florida, modul-modul tersebut merupakan hasil penyusunan dan pembaharuan yang disesuaikan dengan perkembangan tren dan kebutuhan saat ini. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk fasilitator/trainer andal yang memiliki kompetensi mumpuni, sehingga mampu berkontribusi aktif sebagai pelatih secara profesional.

Selain itu, juga meningkatkan pemahaman dan penguasaan para trainer terhadap konten atau materi pelatihan serta teknik penyampaiannya dengan lebih kreatif, komunikatif, dan aplikatif. Juga menyamakan persepsi dan pemahaman yang sama terkait konsep, sasaran, dan materi program, yang terlebih dahulu telah dilakukan updating modul atau materi sesuai kebutuhan dan tren terkini.

"Harapan kami para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan berperan aktif selama berlangsungnya acara sehingga materi atau modul dapat dipahami dan ke depannya dapat menyampaikan sesuai tujuan sasaran pelatihan kepada masyarakat desa wisata," ujar Florida.

Terpisah, Menparekraf Sandiaga Uno menekankan pentingnya pengembangan SDM unggul di daerah untuk memaksimalkan berbagai potensi di desa wisata secara berkualitas dan berkelanjutan. "Tantangan ini akan dapat terselesaikan dengan kolaborasi berbagai pihak. Terciptanya SDM unggul di bidang pariwisata tentu akan mendorong penyerapan tenaga kerja yang akhirnya juga akan memicu kebangkitan ekonomi di daerah tersebut," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)