Podcast Aksi Nyata Perindo, Pengusaha Ini Sebut Modal Bukan Syarat Utama Berwirausaha

Minggu, 22 Mei 2022 - 20:44 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata Perindo, Pengusaha Ini Sebut Modal Bukan Syarat Utama Berwirausaha
Ketua DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta Jonner Binton Silaen. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Pengusaha sektor pariwisata Jonner Binton Silaen mengungkap, dalam dunia usaha, modal bukanlah syarat utama dalam meraup kesuksesan. Menurut Ketua DPW Pemuda Perindo DKI Jakarta ini, justru mental yang kerap membawa pengusaha menjadi sukses.

Pria yang telah malang-melintang bekerja di tiap negara selama 12 tahun tersebut mengatakan, terjun menjadi pengusaha bukanlah merupakan tujuan utama, melainkan sulitnya mencari kerja yang sesuai dengan pengalamannya selama di luar negeri.

"Sebetulnya dunia usaha ini suatu kebetulan, atau tanda kutip kecelakaan. Karena saya kita balik ke Indonesia itu mencoba melamar tidak ada yang terima, karena tidak pernah cocok harganya. Karena kelamaan di luar," ujar Jonner di Podcast Aksi Nyata, Minggu (22/5/2022).



Kendati demikian, Jonner banyak belajar mengenai jatuh bangun dalam berbisnis. Menurutnya, ada dua hal yang kerap terlihat dari seorang pengusaha, yakni pengusaha by nasab dan ada juga pengusaha by nasib.

"Kemudian seiring berjalannya waktu kita banyak belajar ke senior-senior, karena ada satu pemikiran bahwa pengusaha itu bahwasannya ada dua tipe. Satu pengusaha by nasab satu pengusaha by nasib," ucap Jonner yang juga merupakan Ketua DPD Partai Perindo Kota Pematangsiantar.

Jonner menjelaskan, pengusaha by nasab merupakan pengusaha yang diwarisi orang tuanya. Ketika orang tua telah menjadi pengusaha anaknya tinggal melanjutkan maupun turut serta membangun usaha. "Yang by nasib itu seperti saya. Saya dibentuk menjadi pengusaha untuk diri sendiri bukan dari seseorang atau turunan dari manapun. Nah itu saya jalanin," katanya.

Baca juga: Partai Perindo Gelar Seminar Politik, Bacaleg: Sangat Bermanfaat Tambah Wawasan

Kendati demikian, Jonner mengatakan, bahwa modal bukanlah hal utama dalam usaha. "Dalam dunia usaha ini modal bukan hal utama, yang paling utama itu adalah bagaimana keinginan kita untuk maju," katanya.

"Mental itu yang kedua, modal itu bisa saya urutkan mungkin urutan yang kesekian ya. Artinya modal bisa kita utang sana sini. Tapi mental yang kita bentuk dari kita sendiri itu yang harus kuat," kata Jonner.
(abd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1458 seconds (11.252#12.26)