Menteri PPPA Apresiasi Daerah Fasilitasi Perempuan Jadi Pelaku UMKM

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:00 WIB
loading...
Menteri PPPA Apresiasi Daerah Fasilitasi Perempuan Jadi Pelaku UMKM
Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur Novita Hardini Mochamad melakukan teknik mencanting batik tulis kain Khas Trenggalek, pada acara Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil, Jakarta, Jumat (20/5/2021). FOTO/SINDOnews/SUTIKNO
A A A
JAKARTA - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengapresiasi penyelenggaraan Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta. Menurutnya, even akbar ini sangat penting bagi masyarakat, khususnya kaum perempuan Trenggalek yang menjadi pelaku UMKM .

Bintang Puspa Yoga, sapaan akrab Menteri PPPA mengatakan, even daerah yang digelar di kota besar semestinya dijadikan ajang untuk memperkenalkan sekaligus mengembangkan UMKM daerah, yang sempat terpuruk di masa Pandemi Covid-19.

"Mewakili pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab, khususnya segenap insan Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Trenggalek, atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap kaum perempuan yang menjadi pelaku UMKM, dalam meningkatkan perekonomian keluarganya," kata Bintang Puspa Yoga, Minggu (22/5/2022).



Senada dengan Bintang Puspa Yoga, Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam sambutan virtual meyakini UMKM Trenggalek di bawah binaan Dekranesda akan tumbuh dan berkembang, sehingga menjadi pilar ketahanan ekonomi bangsa.

Sementara itu, Ketua Dekranesda Kabupaten Trenggalek Novita Hardani Mochamad berharap Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 di Museum Tekstil Jakarta dapat semakin memperkenalkan pesona Trenggalek sebagai lokal wisdom Jawa Timur sekaligus mendongkrak UMKM masyarakat.

Merayu Trenggalek Fashion Day merupakan annual event yang diselenggarakan setiap tahun. Tujuannya agar seluruh potensi daerah dan masyarakat Trenggalek, khususnya pelaku UMKM naik kelas, sehingga mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

"Syukur alhamdulillah, puncak acara yakni fashion show yang diikuti oleh berbagai perancang busana nasional, di mana kain batik canting khas Trenggalek menjadi bahan baku utamanya, membuat decak kagum para pengunjung khususnya pencinta fashion Tanah Air yang datang dari berbagai daerah di Indonesia," kata Novita Hardini Mochamad.

Baca juga: Pesona Istri Bupati Trenggalek Saat Mencanting Batik di Museum Tekstil

Hampir sebagian besat batik khas Trenggalek, disulap menjadi busana cantik bergaya Belanda, di mana kain yang menjadi warisan budaya Tanah Air itu, tampak cantik dan anggun dipandang. Istri Bupati Trenggalek itu menyebut tidak berlebihan apabila kain batik yang dilukis canting oleh tangan-tangan perempuan Trenggalek, memiliki nilai lebih, mulai dari sisi keindahan, warna, kwalitas bahan kain yang digunakan, termasuk filosofi sejatinya batik Trenggalek.

Dengan menggunakan busana dari salah satu perancang Tanah Air, Novita ikut melantai di catwalk bersama para pragawan dan pragawati, untuk membuktikan betapa nyaman dan anggunnya menggunakan kain batik canting khas Trenggalek, sehingga siapa pun akan terpesona ketika memandangnya. Di sisi lain, hampir sebagian besar masyarakat dan pengunjung mengaku merasakan atmosfer baru nan teduh, yang berbeda dengan event fashion show lain yang pernah mereka hadiri.

"Betul, ini karena kita bukan hanya menyajikan exhibiton tapi juga memberikan edukasi pentingnya menjaga kelestarian budaya bangsa, salah satunya melukis batik canting, di mana sesi melukis batik banyak diminati oleh masyarakat yang mengunjungi even ini," kata Novita.

Dalam even Merayu Trenggalek Fashion Day 2022 juga digelar edukasi literasi berupa talkshow seputar dunia UMKM, serta workshop terkait nilai ekonomis dibalik kearifan lokal budaya Indonesia, khususnya di Kabupaten Trenggalek.

Dekranesda Trenggalek memastikan seluruh penjualan produk UMKM akan langsung tercatat melalui platform digital, mengingat UMKM Trenggalek saat ini tercatat sebagai 1 dari 30 juta UMKM go digital atau masuk ke marketplace pada 2024 seperti yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

"Alhamdulillah laris manis, parameternya seperti yang kita lihat di seluruh stan, pelaku UMKM sibuk melayani pembeli. Yang belum dapat bisa membeli melaui platform online seperti Tokopedia, tinggal ketik Tresno Trenggalek," kata Novita.

Di sisi lain, Novita mengaku UPRINTIS Indonesia juga telah menyiapkan pendampingan bagi UMKM dari hulu hingga hilir serta mewujudkan kolaborasi antara pemerintah daerah dengan sektor swasta dalam menyediakan ruang pameran bagi UMKM. "Dalam kerja sama tersebut, UMKM juga akan dipertemukan dengan para buyer potensial," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2763 seconds (0.1#10.140)