Ajak Milenial Jaga Persatuan Bangsa, Jenderal Dudung: Kita Telah Miliki Pancasila!

Minggu, 22 Mei 2022 - 04:00 WIB
loading...
Ajak Milenial Jaga Persatuan Bangsa, Jenderal Dudung: Kita Telah Miliki Pancasila!
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengajak mahasiswa untuk tetap menjaga persatuan bangsa dengan Pancasila. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyinggung masalah perkembangan informasi yang kian pesat di masa sekarang. Bila tak diimbangi dengan literasi yang baik, maka mudah termakan berita bohong dan berakibat konflik.

Dia mengajak mahasiswa sebagai generasi milineal untuk membangun kebersamaan dalam keberagaman di kehidupan bermasyarakat.Penekanan disampaikan Dudung saat memberikan kuliah umum di Universitas Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/5/2022).

”Kita terbangun dengan keberagaman, kita terbangun dari suku, agama maupun golongan yang sangat rentan, sehingga perlu literasi yang baik dan kepedulian kita semua untuk mencegah terjadinya konflik tersebut,” kata Dudung, Sabtu (21/5/2022).

Dudung menjelaslan, pentingnya persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman-ancaman eksternal yang dihadapi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Baca juga: Puisi Menyentuh Jenderal Dudung untuk Tukul Arwana

Menurut dia, para pendiri bangsa Indonesia, seperti Ir Soekarno, Bung Tomo (Sutomo), hingga Jenderal Besar Soedirman telah memberikan contoh betapa kuatnya semangat persatuan dan kesatuan untuk menghadapi ancaman. Ditambah lagi, Indonesia memiliki ideologi Pancasila.





“Kita telah memiliki nilai-nilai pemersatu yaitu Pancasila, sehingga nilai-nilai ini harus betul-betul kita jaga dan lestarikan. Begitu juga, semangat Bhinneka Tunggal Ika yang harus kita kokohkan menjadi kekuatan, sehingga perbedaan justru menjadi pemersatu,” ucapnya. Baca juga: Habib Husein Sebut Jenderal Dudung Pernah Islamkan 150 Orang

Oleh karena itu, dia berharap mahasiswa dapat mengambil peran untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat.Sebab, mahasiswa merupakan agen perubahan, penerus bangsa dan kontrol sosial dalam menjaga dan mewariskan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Mari kita bersama-sama membela bangsa ini, jangan terlalu banyak berpikir untuk bangsa tetapi lakukan yang terbaik untuk bangsa ini,” jelasnya.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1659 seconds (10.55#12.26)