Simulasi Pasangan Pilpres 2024: Anies Unggul atas Ganjar maupun Prabowo

Kamis, 19 Mei 2022 - 19:31 WIB
loading...
Simulasi Pasangan Pilpres 2024: Anies Unggul atas Ganjar maupun Prabowo
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan unggul atas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo dalam simulasi pasangan capres-cawapres yang dilakukan Lembaga Indo Riset. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan unggul dalam simulasi pasangan capres-cawapres yang dilakukan Lembaga Indo Riset. Disandingkan dengan siapa pun, Anies memenangi kontestasi melawan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto ataupun Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo .

Dalam rilis hasil survei, Kamis (19/5/2022), Peneliti Lembaga Indo Riset, Roki Arbi menyebutkan,dalam beberapa simulasi 2 pasangan calon, Anies selalu unggul jika disandingkan dengan sejumlah nama. Contohnya, jika Anies Baswedan dipasangkan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, maka perolehan suaranya sebesar 49,5%. Angka itu jauh lebih unggul dibandingkan pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang hanya mendapatkan suara 38,5%.

Kemudian jika Anies Baswedan disandingkan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), maka suaranya sebesar 47,7%. Unggul atas pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang hanya di angka 39,6%.



Lalu Anies Baswedan disandingkan dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil diperoleh angka 49,1%. Angka ini unggul jauh bila dibandingkan simulasi pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang memperoleh angka 38,8%.

Pun ketika Anies Baswedan disandingkan dengan Panglima TNI Andika Perkasa memiliki elektabilitas 47,7% mengungguli Ganjar Pranowo-Erick Thohir yang hanya 39,3%.

Dalam simulasi 2 pasangan lainnya, Anies Baswedan juga unggul. Berikut ini simulasinya.

Simulasi Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendapat angka 46%, unggul dibandingkan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil sebesar 42,4%.

Anies Baswedan-Khofifah Indar Parawansa mendapatkan angka 44,5%, lebih tinggi dari perolehan suara pasangan Prabowo-Muhaimin Iskandar 40,5%.

Baca juga: Survei Indo Riset: Elektabilitas Prabowo, Ganjar, dan Anies Bersaing Ketat

Anies yang disandingkan Sandi ataupun Andika Perkasa juga unggul jika melawan duet kader PDIP.

Pasangan Anies-Sandi mendapatkan suara 60,1% dibanding pasangan Joko Widodo-Puan Maharani yang hanya 26,4%.

Anies-Andika juga unggul di angka 50,2% bila melawan Ganjar-Puan yang hanya meraih 35,1%.

Anies baru kalah jika berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa dengan angka 42% apabila melawan duet Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno yang memperoleh angka 45,9%.

"Tiga nama diprediksi akan bertarung ketat (Prabowo, Ganjar, dan Anies). Cukup sulit bagi calon lain untuk bisa bertarung dalam kontestasi pilpres, karena tingginya gap elektoral antara tiga kandidat tersebut dengan calon lain," kata Roki Arbi.

Ia mengatakan, berbagai kemungkinan koalisi partai politik (parpol) masih sangat dinamis menuju Pemilu 2024. Karena itu, pasangan Capres-Cawapres 2024 belum bisa diprediksi secara akurat.

"Dengan peta pilpres yang masih ketat, di mana jarak elektabilitas antarcalon sangat dekat, masih terlalu dini memprediksi siapa yang akan menang dalam pilpres," ujar Roki Arbi.

Untuk diketahui, Indo Riset melakukan riset tatap muka menggunakan kuesioner terukur yang dilaksanakan pada 11-17 April 2022. Dalam survei ini, sample dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling dengan data populasi yang digunakan adalah jumlah penduduk berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2021. Survei ini menggunakan 1.096 sample, margin of error (MoE) survei ini sebesar kurang lebih 2,96% pada tingkat kepercayaan 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)