IVL Sesi X, Bupati Sidoarjo Beberkan Strategi Bangkitkan Ekonomi Daerah

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:31 WIB
loading...
IVL Sesi X, Bupati Sidoarjo Beberkan Strategi Bangkitkan Ekonomi Daerah
Bupati Sidoarjo Ahmad Mudhlor Ali memberikan pemaparan saat penjurian dalam acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Sesi X di Auditorim Gedung SINDO, MNC Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (19/5/2022). Foto/MPI/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali menyatakan pada tahun 2021 hingga tahun 2022 , sinyal pemulihan perekonomian dari efek pandemi Covid-19 mulai terlihat. Hal tersebut disampaikan saat memaparkan sejumlah kemajuan dan presentasi di ajang penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) Sesi X.

"Ada Covid banyak terkontraksi, tapi pertumbuhan ekonomi di masa pandemi di Sidoarjo terus meningkat signifikan. Sampai 2021 akhir bahkan berdasarkan data BPS naik hingga 4,21 persen lebih baik, dan saat ini masih dalam pemulihan,” kata dia di Acara IVL bertema ‘Sinergi Pemda untuk Percepatan Ekonomi’yang digelar MNC Portal di Gedung SINDO, Kamis (19/5/2022).

Ahmad Muhdlor menyampaikan program yang telah dilakukan tahun 2021 Kredit Usaha Rakyat di Sidoarjo atau KUR (KUR Sayang) telah disalurkan oleh UMKM melalui BPR Delta Artha, pada akhir tahun 2021 sudah tersalurkan hingga Rp2,8 miliar.



"Dan selama kurun waktu Triwulan I Tahun 2022 sudah terserap Rp6,8 miliar. Subsidi bunga dari Pemkab Sidoarjo sebesar Rp2,5 miliar pada semester I ini sudah habis terserap," ujarnya.

Tak hanya itu, program dari Bupati ini mendorong para pelaku UMKM untuk bisa memanfaatkan pinjaman modal usaha program KURDA Sayang dengan bunga ringan sebesar 3 persen per tahun, khususnya untuk meningkatkan pengembangan usaha jenis UMKM di Sidoarjo.

"Program lainnya kami telah mengalokasikan untuk pemberian hibah 5-10 juta untuk modal usaha. Sasarannya adalah ibu-ibu. Kita gelontorkan dan melihat efektifitasnya, Harapannya di tiap RT/RW ada usaha mikro kecil yang muncul dari ibu-ibu,” tandasnya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)