JK Ungkap Resep Tetap Sehat dan Aktif di Usia yang Tak Lagi Muda

Senin, 22 Juni 2020 - 12:15 WIB
loading...
JK Ungkap Resep Tetap Sehat dan Aktif di Usia yang Tak Lagi Muda
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla didampingi Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo meninjau gudang darurat penanganan Covid-19 di Jakarta, Jumat (22/5/2020). Foto/SINDOnews/Yulianto
A A A
JAKARTA - Muhammad Jusuf Kalla atau yang akrab disapa JK saat ini berusia 78 tahun. Di usia yang tak lagi muda tersebut, JK tetap sehat dan terus beraktivitas sebagai ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) dan Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Dai kondang Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) pun dibikin penasaran apa resep wakil presiden dua periode itu tetap sehat dan terus berkontribusi bagi negeri melalui jabatan yang diembannya tersebut, apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

Saat berbincang santai dengan JK, Aa Gym pun bertanya apa. "Usia 78 tahun, tapi perasaan gak berubah nih wajahnya dari dulu ketemu di pesawat. Olahraga apa aja nih Pak JK yang sekarang dilakukan?" tanya Aa Gym dalam wawancara yang disiarkan iNews dan YouTube Aagym Official tersebut.

Dengan santai, JK yang saat diwawancarai tengah berada di dalam mobil mengatakan, dia dalam perjalananke rumah seusai berolahraga. "Olahraga golf kadang-kadang juga, yang ringan-ringan lah, jalan, joging, yang ringan-ringan sesuai umur saya, tetapi harus rutin," kata JK. ( ).

Aa Gym pun bertanya cara JK menjaga kesehatan di saat pandemi Covid-19 ini. Apalagi, kata Aa Gym, mereka yang berusia tua atau senior rada rentan Covid-19.

JK menjawab, agar terhindar dari Covid-19, ada dua hal yang harus dilakukan yakni 'menghindari' misal dengan cara tinggal di rumah, jaga jarak, pakai masker. Lalu, 'melawan' virus dengan cara disinfektan.

Tapi, lanjut JK, di tengah pandemi Covid-19 ini dia justru harus berada di luar rumah untuk melaksanakan kewajiban sebagai ketua umum PMI dan DMI. "Gak cemas kena Covid, Pak?" tanya Aa Gym.

JK menjawab, harus disiplin. "Disiplin cuci tangan dengan sabun, pakai masker, jaga jarak dengan orang. Kalau dilakukan tiga hal pokok itu, Insya Allah akan terhindar."

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini pun mengungkapkan, dia dan keluarganya telah tiga kali melakukan swab test, dan alhamdulillah hasilnya negatif.

JK pun berpesan, agar tetap sehat, nikmatilah kehidupan dengan ikhlas. "Walaupun dengan kondisi ini, dengan ikhlas jalankan. Bekerja melayani masyarakat dengan ikhlas, saya tiap hari keluar rumah, ke kantor DMI, kantor PMI, kita membantu orang itu suatu amal ibadah kan," kata JK.

Mendengar jawaban JK, Aa Gym lalu menyimpulkan, kuncinya adalah ikhlas. "Orang yang ikhlas itu menurut ilmunya akan bahagia dengan apa yang dia lakukan, akan kuat dengan apa yang dia lakukan, dan akan istiqamah," ujar Aa Gym, diamini JK.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2057 seconds (0.1#10.140)