Kemendagri: Sosok Pj Pengganti Anies Baswedan Harus Miliki Kualifikasi Luar Biasa

Jum'at, 13 Mei 2022 - 16:15 WIB
loading...
Kemendagri: Sosok Pj Pengganti Anies Baswedan Harus Miliki Kualifikasi Luar Biasa
Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan sosok penjabat (Pj) pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan harus miliki kualifikasi luar biasa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik mengatakan sosok penjabat (Pj) pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi buah bibir saat ini.Seperti diketahui, Anies bakal habis masa jabatannya pada Oktober 2022.Posisinya nanti pun akan digantikan oleh penjabat (Pj) gubernur.

Menurutnya, kompleksitas yang tinggi menjadi alasan sosok pengganti Anies penting untuk dinantikan. Maka dari itu butuh sosok yang luar biasa menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta. "Kenapa menarik karena kompleksitas permasalahan di DKI tinggi. Kalau orang luar biasa, bisa (memimpin) di Sulbar, ini di atas luar biasa (di DKI)," ujar Akmal di kantornya, Jumat (13/5/2022).



Siapa sosok tersebut, Akmal masih enggan mengatakan dan menyerahkan segala keputusan kepada Presiden Jokowi. "Tentunya tidak banyak pejabat tinggi madya yang memiliki kualifikasi seperti itu.. Siapa orangnya, kita serahkan ke user-nya. Siapa user-nya, Pak Presiden," jelasnya.



Namun, Akmal meminta kepada masyarakat agar tidak melebih-lebihkan terkait siapa calon pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. "DKI kan masih bagian dari provinsi se-Indonesia, tentunya masih ikut provinsi lain, sama aja. Kenapa kok beda, DKI, Bali, Sulbar sama-sama provinsi, di dalam UU tidak dikatakan kecuali DKI. Artinya DKI sama dengan daerah lain," kata Akmal.

Mencuatnya sosok Pj Gubernur pengganti Anies, kata Akmal, dikarenakan DKI Jakarta menjadi ibu kota yang segala aktivitas ekonomi terpusat di sana. Karena kompleksitas yang tinggi itu, kata Akmal, dibutuhkan sosok yang luar biasa untuk menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengungkapkan sosok kriteria pengganti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Dia harus seorang pejabat pimpinan tinggi madya, jadi dia eselon satu, kita masih dalam tahap menerima masukan. Apakah yang bersangkutan ada masalah atau tidak, kita profiling, apakah potensi ada kasus atau tidak," ujar Tito kepada wartawan di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis, 12 Mei 2022.

Tito mengungkapkan Pj Gubernur yang akan menggantikan Anies bakal dilantik pada Oktober nanti. "Bulan Juli Aceh, Oktober DKI Jakarta," kata Tito.

Mantan Kapolri ini menambahkan, tiga nama calon sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). "Untuk 3 nama diajukan ke Pak Presiden. Sama yang nanti Oktober (DKI Jakarta) sebulan sebelumnya lah September kita nanti akan sudah dapat nama kita ajukan ke Bapak Presiden," ungkap Tito.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2514 seconds (0.1#10.140)