Cerita Pemudik Terjebak Macet Parah di Jalur Gentong, 1 Jam Kendaraan Hanya Bergerak 4 Km

Jum'at, 06 Mei 2022 - 04:25 WIB
loading...
A A A
"Mudik kali ini bisa dibilang melelahkan, karena dari Banjar menuju Bandung saja bisa memakan waktu 13 jam. Kalau waktu normal hanya butuh waktu 4 jam saja," kata Rian di Jalan Lingkar Gentong.

Untuk mengurai kemacetan di Jalan Lingkar Gentong, Polres Tasikmalaya melakukan sistem satu arah atau one way. Mulai dari Limbangan, Kabupaten Garut hingga Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Kendaraan dari lawan arah diarah menuju jalan-jalan alternatif.

Bagi para pemudik yang akan menuju Bandung atau Jakarta ada beberapa pilihan jalur alternatif. Pertama, untuk tujuan Bandung, pemudik bisa melewati Singaparna Kampung Naga, Garut, Leles, dan kemudian tembus Nagreg-Bandung. Jalur ini ada potensi kemacetan tapi relatif lebih aman dan bisa ditempuh dalam waktu 6 jam sampai di Bandung.

Pilihan Kedua, untuk tujuan Bandung-Jakarta, pemudik bisa menggunakan jalur tengah. Dari arah Rajapolah dan Ciamis-Cihaurbeuti, pemudik bisa ambil kiri ke arah Panjalu. Jalur ini relatif sepi, dengan kondisi jalanan bagus. Jalan yang akan dilalui di jalur ini; Panumbangan-Panjalu-Cikijing Majalengka.

Sesampai di Majalengka, pemudik bisa cek rute tercepat, apakah bisa masuk pintu tol Ciperna, Cirebon, Pintu Tol Sumberjaya Majalengka atau Kertajati. Jaraknya sekitar 40-45 km dan bisa ditempuh 1,5 jam dalam situasi normal.

Pengalaman tim MNC Portal yang melalui jalur ini, Kamis (5/5/2022) siang, dari Tasikmalaya menuju Jakarta hanya ditempuh 5,5 jam. Selamat mencoba.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)