KLHK Sebut Persoalan Sampah Mudik Lebaran 2022 Sudah Lebih Baik

Rabu, 04 Mei 2022 - 21:10 WIB
loading...
KLHK Sebut Persoalan Sampah Mudik Lebaran 2022 Sudah Lebih Baik
Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3) dari Kementeran Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Antisipasi persoalan sampah mudik Lebaran 2022 disebut sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikatakan oleh Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya Beracun (PSLB3), Kementeran Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati.

Baca juga: Gakkum KLHK Tindak Pengelola Pembuangan Sampah Ilegal di Bekasi
KLHK Sebut Persoalan Sampah Mudik Lebaran 2022 Sudah Lebih Baik

Foto: Istimewa

Rosa Vivien menjelaskan, indikasi ini terlihat dengan kesiapan Pemerintah Daerah dan Pengelola Fasilitas Publik (stasiun, pelabuhan, terminal bus, jalan tol, dan rest area).

Baca juga: Dicanangkan Jokowi, Ary Ginanjar Apresiasi Berakhlak Bergulir di KLHK

"Ini dapat dilihat dari laporan dan fakta di lapangan yang dilaporkan, misalnya bagaimana pemerintah Kabupaten Jembrana mengantisipasi dan mempersiapkan pengelolaan sampah di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk," kata Rosa Vivien dalam keterangannya, Rabu (4/5/2022).

Baca juga: KLHK Tetapkan 3 Tersangka Pengelolaan Sampah Ilegal di Tangerang

"Juga Pengelola Tol Sumatera yang menginformasikan bahwa di setiap rest area setiap saat diumumkan melalui pengeras suara kepada pemudik supaya peduli terhadap persoalan sampah," tambahnya.

Bahkan kata Rosa, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah menyediakan layanan call center khusus terkait penanganan sampa. Hal penting juga diungkapkan Rosa Vivien, kesiapan dan respons cepat dari pengelola fasilitas publik, misal saat viral sampah menumpuk di KM 33 Tol Japek saat puncak mudik, tanggal 30 April 2022.

"Besoknya hal ini sudah dapat ditangani persoalannya, kondisi ini langsung dipastikan di lapangan oleh Direktur Penanganan Sampah, KLHK, Novrizal Tahar," ucap Rosa.

"Kondisi ini berlanjut sampai pelaksanaan salat Idul Fitri, sebagaimana dilaporkan Pemda DKI Jakarta. Pada intinya 514 Kabupaten/Kota, 34 Provinsi, dan seluruh pengelola fasilitas publik mengantisipasi persoalan sampah yang ditimbulkan kegiatan mudik tahun 2022," sambung Rosa Vivien.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1721 seconds (11.252#12.26)