Peran Aktif Indonesia dalam ASEAN

Sabtu, 30 April 2022 - 06:18 WIB
loading...
Peran Aktif Indonesia dalam ASEAN
Peran aktif Indonesia dalam ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations bermacam-macam dan penting. Foto: U.S Mission to ASEAN
A A A
JAKARTA - Peran aktif Indonesia dalam ASEAN atau Association of Southeast Asian Nations bermacam-macam dan penting. Mulai dari bidang ekonomi, budaya, politik, sosial, hingga keamanan.

Dikutip dari buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 siswa SD/MI Kelas VI, ASEAN merupakan sebuah organisasi internasional yang beranggotakan negara-negara di kawasan Asia Tenggara . Negara-negara tersebut bersatu karena adanya persamaan letak geografis dan kemiripan budaya.

Adapun yang menjadi dasar pertimbangan para tokoh dunia pendiri ASEAN adalah kepentingan yang sama dalam memajukan ekonomi, sosial budaya, serta menjaga keamanan kawasan. Nah, apa saja peranan Indonesia dalam ASEAN?





1. Pendiri ASEAN
Indonesia menjadi salah satu negara pendiri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara itu. ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Thailand ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Menteri Luar Negeri dari lima negara pengusung.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), isi Deklarasi Bangkok itu adalah sebagai berikut:

- Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara;
- Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional;
- Meningkatkan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, ilmu pengetahuan, dan administrasi;
- Memelihara kerja sama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada;
- Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.



Selain Indonesia, negara lain yang menjadi pendiri ASEAN adalah Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Indonesia saat itu diwakili Adam Malik, Malaysia diwakili Tun Abdul Razak, Singapura diwakili Sinnathamby Rajaratnam, Thailand diwakili Thanat Koman, dan Filipina diwakili Narciso Ramos.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1933 seconds (0.1#10.140)