Gunung Anak Krakatau Siaga, Ini Peta Kawasan Rawan Bencananya

Senin, 25 April 2022 - 07:07 WIB
loading...
Gunung Anak Krakatau Siaga, Ini Peta Kawasan Rawan Bencananya
Hampir seluruh tubuh guunung yang berdiameter ± 2 Km tersebut saat ini ditetapkan sebagai kawasan rawan bencana. Foto/pvmbg
A A A
JAKARTA - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menaikkan status Gunung Anak Krakatau menjadi siaga atau level III. Peningkatan Gunung Anak Krakatau menjadi siaga ini setelah sebulan terakhir ini mengalami peningkatan aktivitas atau erupsi.

Seiring peningkatan status ini, PVMBG juga memperbarui peta kawasan rawan bencana (KRB) Gunung Anak Krakatau. Hampir seluruh tubuh guunung yang berdiameter ± 2 Km tersebut saat ini merupakan kawasan rawan bencana.



Berdasarkan data-data visual dan instrumental potensi bahaya dari aktivitas Gunung Anak Krakatau saat ini adalah lontaran material pijar dalam radius 2 km dari pusat erupsi namun kemungkinan lontaran akan menjangkau jarak yang lebih jauh.

“Sedangkan sebaran abu vulkanik tergantung dari arah dan kecepatan angin dapat menjangkau kawasan yang lebih jauh,” tulis PVMBG dikutip dari keterangan yang diterima, Senin (25/4/2022).

Gunung Anak Krakatau Siaga, Ini Peta Kawasan Rawan Bencananya


Berikut Peta Kawasan Rawan Bencana Erupsi Gunung Anak Krakatau:

Kawasan Rawan Bencana III

Pada kawasan ini sering terlanda aliran lava dan kemungkinan awan panas.

- Radius 2 km: Sering terlanda hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar)/bom vulkanik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)