Biodata dan Agama Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Indonesia

Jum'at, 22 April 2022 - 17:05 WIB
loading...
Biodata dan Agama Jusuf Hamka, Bos Jalan Tol Indonesia
Jusuf Hamka merupakan seorang pengusaha sukses yang lahir di Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada 5 Desember 1957 dengan nama Alun Joseph. FOTO/INSTAGRAM
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang penasaran dengan biodata dan agama Jusuf Hamka , bos jalan tol Indonesia. Pengusaha keturunan Tionghoa yang mualaf di usia 23 tahun ini dikenal sebagai seorang dermawan. Ia pun bercita-cita membangun 1.000 masjid.

Jusuf Hamka merupakan seorang pengusaha sukses yang lahir di Sawah Besar, Jakarta Pusat, pada 5 Desember 1957 dengan nama Alun Joseph. Ia mendapatkan nama Jusuf Hamka saat dirinya menganut agama Islam pada 1981. Nama belakangnya didapat dari tokoh Muslim Indonesia Buya Hamka.

Ia menjadi mualaf tanpa penolakan keluarga karena tumbuh dan dibesarkan dalam lingkungan keluarga Tionghoa yang cukup terpelajar. Orang tua Jusuf pun tergolong moderat. Ayahnya, Joseph Suhaimi (Jauw To Tjiang) merupakan seorang dosen Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Jakarta. Sementara ibunya, Suwanti Suhaimi (Siaw Po Swan) adalah seorang guru. Jusuf kemudian menunaikan ibadah haji pada 1984.

Baca juga: Kisah Pengusaha Mualaf Jusuf Hamka, Sahur Dimasakin Ibunda yang Beda Agama

Jusuf menghabiskan masa kecilnya di daerah Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ketika itu, ia menjadi pedagang asongan untuk menambah uang jajan. Segala jenis makanan, mulai es mambo hingga kacang-kacangan yang dibungkus plastik, pernah dijual di sekitar Masjid Istiqlal.

Dari kegiatannya itu, ia mempunyai banyak teman beragama Islam. Jusuf Hamka sempat penasaran dengan teman-temannya yang selalu diperintahkan melaksanakan shalat lima waktu. Kemudian, secara perlahan ia mulai bertanya tentang arti salat dan mencari lebih dalam seluk-beluk Islam. Sejak menjadi mualaf yang dituntun oleh Buya Hamka dalam pembacaan ikrar dua kalimat syahadat, Jusuf berkomitmen menjalankan dakwah Islam dengan caranya sendiri, yakni dengan cara menjadi pengusaha.

Pria yang akrab disapa Baba Alun ini adalah pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). PT CMNP diketahui berperan dalam pembangunan jalan tol Cawang-Tanjung Priok sepanjang 19,03 km. Dia adalah salah satu pengusaha terkaya di Indonesia yang berbisnis di bidang jalan tol.

Baca juga: Berawal dari Nasi Kuning Jusuf Hamka Ingin Bangun Seribu Masjid, Ini Kisahnya

Saat ini, Jusuf Hamka banyak menduduki jabatan di banyak perusahaan terkemuka di negeri ini. Di antaranya menjabat Komisaris Utama PT Mandara Permai, Komisaris Independen PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, Komisaris PT Indosiar Visual Mandiri, Komisaris PT Citra Margatama Surabaya, dan Komisaris PT Mitra Kaltim Resources Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1744 seconds (0.1#10.140)