Begini Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Terbaru

Jum'at, 22 April 2022 - 14:53 WIB
loading...
Begini Cara Mengurus Surat Pindah Domisili Terbaru
Cara mengurus surat pindah domisili terbaru kini tidak lagi memerlukan surat pengantar RT/RW tempat asal. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Cara mengurus surat pindah domisili terbaru tentunya harus melewati beberapa langkah. Surat pindah dibutuhkan bagi Anda yang memutuskan untuk beralih tempat tinggal.

Cara mengurus surat pindah domisili terbaru kini tidak lagi memerlukan surat pengantar RT/RW tempat asal. Hal itu sesuai Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) 108 Tahun 2019.

Mengutip laman akun Instagram Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh, @zudanarifofficial, cara mengurus surat pindah domisili terbaru, yaitu pemohon hanya diminta mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) daerah asal dengan membawa foto kopi Kartu Keluarga (KK). Setelah itu pemohon mengisi formulir di Dinas Dukcapil.



Nantinya, Dinas Dukcapil akan menerbitkan Surat Keterangan Pindah (SKP) yang menjadi pengantar bagi pemohon ke Dinas Dukcapil daerah tujuan. Selain SKP, pemohon juga disyaratkan membawa Kartu Keluarga dan KTP asli.

"Perpindahan penduduk dalam satu kabupaten/kota tidak memerlukan Surat Keterangan Pindah atau SKP. Hanya penduduk yang melakukan perpindahan antar kabupaten/kota atau antarprovinsi yang akan dibekali SKP oleh Dinas Dukcapil asal untuk diberikan ke daerah tujuan," kata Zudan dikutip dari situs resmi Kemendagri.

Lalu apa syarat mengurus pindah domisili terbaru? berikut rincianya:

1. Membawa fotokopi KTP dan KK asal
2. Siapkan berkas pendukung seperti pas foto, fotokopi ijazah, akta kelahiran, akta perkawinan/buku nikah/akta perceraian yang mungkin dibutuhkan.
3. Mengisi formulir yang tersedia.

Baca juga: Pindah Domisili Masih Diminta Surat RT/RW, Kemendagri Ancam Sanksi Kadis Dukcapil

Demikianlah cara mengurus pindah domisili terbaru. Semoga bermanfaat.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1563 seconds (0.1#10.140)