ASN Boleh Mudik, Menpan RB: Dilarang Gunakan Mobil Dinas

Kamis, 14 April 2022 - 03:38 WIB
loading...
ASN Boleh Mudik, Menpan RB: Dilarang Gunakan Mobil Dinas
Menpan RB memperbolehkan ASN untuk mudik, namun dilarang gunakan kendaraan dinas. Foto/Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo memastikan ASN diperbolehkan untuk melaksanakan mudik hari raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2022.

Selain itu, ASN yang hendak melaksanakan mudik lebaran tahun 2022, tidak menggunakan mobil dinas. Sehingga, pejabat pembina kepegawaian pada instansi pemerintah agar memastikan seluruh pejabat tidak menggunakan kendaraan dinas untuk kepentingan mudik.

Hal tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Surat tersebut diteken pada tanggal 13 April 2024.

Dalam petikannya, pejabat pembina kepegawaian dan/atau pejabat yang diberikan delegasi kewenangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan pada Instansi Pemerintah dapat memberikan cuti tahunan kepada pegawai ASN saat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Selanjutnya, dalam rangka menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pemerintahan dan kelancaran pelayanan publik, maka pemberian cuti tahunan dilakukan dengan mempertimbangkan beban kerja, sifat dan karakteristik tugas, dan jumlah pegawai.

Pemberian cuti bagi ASN dilakukan secara akuntabel sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020.

Kemudian peraturan pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja. ”Surat edaran ini mulai berlaku sejak tanggal ini ditetapkan,” tulis SE tersebut.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2388 seconds (0.1#10.140)