Global Halal Hub Gandeng BSI dan Dekranasda Dirikan UMKM Halal Hub Bukittinggi

Rabu, 13 April 2022 - 20:47 WIB
loading...
Global Halal Hub Gandeng BSI dan Dekranasda Dirikan UMKM Halal Hub Bukittinggi
Wapres KH Maruf Amin meresmikan UMKM Halal Hub Bukittinggi untuk mendorong produk halal UMKM ke pasar global. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Global Halal Hub (GHH) menggandeng Bank Syariah Indonesia dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukitinggi mendirikan UMKM Halal Hub untuk mendorong produk halal UMKM ke pasar global.

UMKM Halal Hub Kota Bukittinggi hadir di tengah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Sumatera Barat yang diresmikan Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma'ruf Amin di Bukittinggi, Rabu, 12 April 2022.

Hadir dalam peresmian itu, Menteri Pariwiasata dan Ekonomi Kreatif Dr Sandiaga S Uno, Ketua OJK Dr Wimboh Santoso, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, dan Wali Kota Bukittinggi Erman Safar mengunjungi Paviliun BRI yang di dalamnya memamerkan produk-produk UMKM binaan BRI dan produk halal yang dikelola UMKM Halal Hub.

”Saya mengapresiasi UMKM Halal Hub Bukittinggi agar dimanfaatkan membawa produk halal UMKM ke pasar global, diantaranya Rendang ke pasar Timur Tengah,” ujarnya, Rabu (13/4/2022).



Gernas BBI Sumatera Barat yang dikelola Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama industri jasa keuangan ini bertajuk "Maju Berkah Basamo UMKM Sumatera Barat". Selain produk-produk UMKM juga hadir UMKM Halal Hub Bukittinggi dan pusat kuliner Zona KHAS (Kuliner Halal Aman Sehat) Los Lambuang.

Ketua Global Halal Hub, Dhika Yudistira, memaparkan UMKM Halal Hub merupakan rumah pengembangan produk halal daerah (halal house) terintegrasi yang terkoneksi dengan ekosistem Global Halal Hub yang dicanangkan Wakil Presiden RI, Januari 2022 untuk akselerasi Indonesia menuju pusat Industri Halal Dunia 2024. Ini merupakan halal house pertama di tingkat Kabupaten/Kota di Indonesia.

Baca Juga: AS Pasar Potensial Produk dan Wisata Halal Indonesia

Ketua Umum Dekranasda Bukittinggi, Fiona Erman Safar, mengatakan, peresmian UMKM Halal Hub Kota Bukittinggi, momen onboarding 20 UMKM Bukittinggi ke Platform Digital E-Commerce Global. “Alhamdulillah kami masyarakat Kota Bukittinggi sangat antusias dengan adanya Halal House di Kota Bukittinggi, yang mana menjadi ajang peluang bisnis besar untuk UMKM yang ada di Kota Bukittinggi,” ucap Fiona.

Fiona juga menyampaikan selama pandemi Covid-19, UMKM Sumatera Barat, khususnya Kota Bukittinggi mengalami keterpurukan. Ada banyak tantangan yang dialami selama wabah Covid-19 , mulai dari produksi hingga penjualan produk-produk UMKM.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2714 seconds (0.1#10.140)