Sebut Aksi Demo 11 April Berjalan Lancar, BEM SI: Aspirasi Tersampaikan

Selasa, 12 April 2022 - 10:49 WIB
loading...
Sebut Aksi Demo 11 April Berjalan Lancar, BEM SI: Aspirasi Tersampaikan
Koordinator Media BEM SI Luthfi, menyebut aksi demo yang digelar pada hari Senin, 11 April 2022 kemarin berjalan dengan lancar. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Koordinator Media Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), Luthfi, menyebut aksi demo yang digelar pada hari Senin, 11 April 2022 kemarin berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Alhamdulillah aksi berjalan dengan lancar dan kondusif, kami mulai aksi pukul 12.00 dan bubar pada pukul 15.30 WIB,” paparnya dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Selasa (12/4/2022).

Diketahui aksi ini merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 28 Maret 2022 lalu. Sedangkan terkait tuntutan dari aksi demo ini dilakukan yakni dengan menolak wacana penundaan Pemilu 2024 atau amendemen UUD 1945, mengkaji ulang UU IKN dan menjaga stabilitas harga bahan pokok.



"Aspirasi ini murni dari suara rakyat untuk disampaikan ke wakil rakyat, kami meminta pimpinan DPR di sini mengawakili suara rakyat bukan suara partai politik,” ungkapnya.

Aspirasi BEM SI pun diterima langsung oleh Pimpinan DPR RI, Sufmi Dasco, Rahmat Gobel dan Lodewijk di dampingi Kapolri RI, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.


Senada, Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo memaparkan situasi demonstrasi berjalan dengan damai dan tertib. “Sejak awal, Polri telah berkomitmen memberikan ruang demokrasi bagi kawan-kawan mahasiswa dalam menyampaikan aspirasinya. Alhamdulillah situasi demonstrasi hari ini berjalan dengan damai dan tertib,” ucapnya.

Menurut Dedi, mahasiswa menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan kebebasan berekspresi. Pasalnya, ketika aspirasi telah diterima dan ditampung mahasiswa pun telah membubarkan diri dengan tertib di Gedung DPR. Meski begitu, Dedi menjelaskan setelah bubarnya massa pendemo, diduga ada kelompok yang mencoba membuat kericuhan dengan memprovokasi aparat kepolisian.

Namun, situasi kemanan dan ketertiban bisa langsung diantisipasi dengan jajaran kepolisian demi mencegah terjadinya hal tersebut. Kemudian kini pihaknya akan menindak tegas siapa pun pihak atau segelintir kelompok yang mencoba menunggangi unjuk rasa. "Aparat kepolisian saat ini telah mampu mengatasi keadaan. Situasi kamtibmas pun tetap terjaga kondusif,” tandasnya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2049 seconds (0.1#10.140)