Persiapan Matang, BEM SI Siap Turunkan 1.000 Mahasiswa ke Istana Besok

Minggu, 10 April 2022 - 17:24 WIB
loading...
Persiapan Matang, BEM SI Siap Turunkan 1.000 Mahasiswa ke Istana Besok
Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) menggelar Mimbar Rakyat di kawasan Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, Minggu (10/4/2022). Mereka menggaungkan tolak perpanjangan jabatan presiden dan penundaan Pemilu 2024. FOTO/MPI/BACHTIAR ROJAB
A A A
JAKARTA - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia ( BEM SI ) menegaskan akan menerjunkan seribu orang dalam menggelar aksi demonstrasi di Istana Negara, Senin (11/4/2022) besok. Unjuk rasa ini menindaklanjuti enam tuntutan yang telah dilayangkan.

Koordinator Bidang Media BEM SI, Luthfi Yufrizal mengatakan, ia bersama rekan-rekan mahasiswa telah mempersiapkan dengan matang aksi massa yang akan digelar besok. Termasuk mengatur waktu dan mengawal konsolidasi lanjutan. "Terkait aksi besok, kita kesiapannya yaitu kita sudah coba kawal konsolidasi lanjutan terkait hal yang diperlukan, waktu aksi, dan kesiapan-kesiapannya," ujar Luthfi saat dikonfirmasi MPI, Minggu (10/4/2022).

Luthfi mengklaim, perihal surat menyurat telah ia layangkan kepada aparat kepolisian. "Untuk surat menyurat atau pun surat pemberitahuan kepada pihak aparat pun sudah kita layangkan dan sudah diterima dengan baik," tuturnya.

Baca juga: Akun WhatsApp Ketum PB PMII Diretas, Kuat Dugaan Berkaitan Aksi Gerakan Mahasiswa

Karena itu, ia beserta mahasiswa lain percaya diri dalam menghadapi demonstrasi yang akan digelar besok. Menurutnya, selain kesiapan teknis, surat-menyurat juga menunjang menjadi bagian dari legalisasi aksi massa. "Makannya untuk aksi besok kita insyaAllah aksi yang tidak ilegal, aksi yang benar-benar terstruktur dan sesuai dengan undang-undang yang sudah berlaku," katanya.

Untuk diketahui, untuk mengantisipasi aksi unjuk rasa yang dilakukan BEM SI, Senin (11/2/2022), polisi telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya akan melakukan penutupan beberapa ruas jalan mulai pukul 08.30 WIB dengan barrier. Penutupan ini untuk menghindari kemacetan akibat demo 11 April 2022.

Menurutnya, penutupan akan dimulai dari Jalan medan merdeka barat akan ditutup pukul 08.30 WIB karena akan dipasang security barrier/pagar kawat dan juga water barrier di kedua arah. Arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Merdeka Barat dan Budi Kemuliaan.

Baca juga: Alasan Mengapa Demo Mahasiswa 11 April 2022 Menyasar Istana, Ini Kata Pengamat Politik

Demikian juga dari Harmoni arah ke Istana Negara akan ditutup. "Untuk di DPR/MPR sifatnya situasional melihat perkembangan massa. Bila massa cukup banyak, maka arus akan ditutup di bawah jembatan layang, dan akan dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)