Masjid Ramah Lingkungan, Puan Maharani: Istiqlal Jadi Kebanggaan Bangsa

Sabtu, 09 April 2022 - 16:01 WIB
loading...
Masjid Ramah Lingkungan, Puan Maharani: Istiqlal Jadi Kebanggaan Bangsa
Ketua DPR Puan Maharani, turut bangga atas atas penghargaan sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) kepada Masjid Istiqlal. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani , turut bangga atas atas penghargaan sertifikat Excellence in Design for Greater Efficiencies (EDGE) kepada Masjid Istiqlal . Masjid kebanggaan bangsa Indonesia ini menjadi yang pertama di dunia sebagai masjid dengan bangunan ramah lingkungan atau green building.

Baca Juga: Puan Maharani
Baca juga: Komitmen Puan Maharani Sejahterakan Petani Diapresiasi

Puan mengatakan, pada November tahun 2020 lalu ia sempat meninjau langsung renovasi Masjid Istiqlal. Ia sangat terkesan karena mendapati dua azan, maghrib dan isya disana.

Puan bercerita, waktu itu, setelah sholat Maghrib ia bersama Imam Besar Masjid Istiqlal KH Prof Nasaruddin Umar mengelilingi area Istiqlal.

Ia pun sangat terkesan dengan hasil renovasi terhadap masjid yang diinisiasi oleh Bung Karno itu.

"Dari sisi bangunan serta renovasinya tidak hanya bagus, tetapi memang memenuhi standar sebagai green building," katanya.

Seperti diketahui, penghargaan sertifikat EDGE diberikan International Finance Corporation melalui Country Manager IFC untuk Indonesia dan Timor-Leste, Azam Khan pada Rabu (6/04/2022), dan diterima langsung oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

EDGE merupakan standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi untuk membantu profesional dan para pelaku bangunan gedung dalam mewujudkan bangunan hijau dengan konsep ramah lingkungan yang terbukti menurunkan jejak karbon secara signifikan.

Diketahui, pembangunan awal Masjid Istiqlal tercetus atas ide Presiden Soekarno, yang tak lain adalah kakek Puan Maharani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2099 seconds (0.1#10.140)