Kapolri: Ada Oknum Manfaatkan Disparitas Harga Solar Subsidi untuk Industri

Jum'at, 08 April 2022 - 18:30 WIB
loading...
Kapolri: Ada Oknum Manfaatkan Disparitas Harga Solar Subsidi untuk Industri
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut ada oknum masyarakat yang memanfaatkan selisih harga BBM jenis solar subsidi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut ada oknum masyarakat yang memanfaatkan disparitas atau selisih harga terkait penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar bersubsidi untuk industri.

"Dan juga ada yang dinaikan namun sebenarnya masih disubsidi. Jadi ini yang perlu menjadi perhatian kita. Terjadi disparitas yang tinggi antara solar subsidi dengan solar industri. Gap-nya kurang lebih Rp12.500," kata Sigit dalam jumpa pers di Gedung Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (8/4/2022).



Dengan adanya gap tersebut, kata Sigit, pihaknya masih menemukan oknum yang menyalahgunakan penggunaan dari solar bersubsidi. Pasalnya, pihak industri masih mendapatkan solar di SPBU bersubsidi untuk masyarakat.



"Sehingga ini kemudian yang di lapangan kita temukan di salahgunakaan oleh kelompok masyarakat tertentu yang kemudian memanfaatkan disparitas harga ini untuk kemudian mengambil kebutuhan minyak atau solar untuk industri mengambilnya dari SPBU subsidi," ujar Sigit.

Dengan adanya penyalahgunaan tersebut, kata Sigit, akan semakin menambah beban dari Pemerintah terkait BBM bersubsidi. "Dan tentunya ini juga akan menimbulkan permasalahan karena di satu sisi subsidi yang seharusnya diberikan kepada masyarakat yang memang perlu subsidi seperti tadi sudah disampaikan seperti trasnportasi umum, UMKM, kemudian pedagang kaki lima, dan sebagainya," ucap Sigit.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2781 seconds (0.1#10.140)