YBI Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Batik Indonesia

Kamis, 18 Juni 2020 - 07:06 WIB
loading...
YBI Ajak Masyarakat Ikut Lestarikan Batik Indonesia
Ketua Yayasan Batik Indonesia (YBI), Yanti Airlangga Hartarto mengajak masyarakat peduli terhadap kelestarian batik Indonesia. Foto/SINDOnews/Kiswondari
A A A
JAKARTA - Yayasan Batik Indonesia (YBI) mengajak masyarakat peduli terhadap kelestarian batik Indonesia. Pasalnya, batik merupakan salah satu kebanggaan dan warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Dia pun mengajak masyarakat untuk tetap mengunjungi Museum Tekstil dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 .

“Ini adalah bentuk kepedulian dari YBI untuk museum tekstil dan pengunjung museum tekstil batik agar dapat melihat museum dengan protokol kesehatan yang baik dan benar,” ujar Ketua YBI, Yanti Airlangga Hartarto kepada wartawan saat memberikan bantuan berupa washtafel protokol COVID-19 untuk Museum Tekstil di Jakarta, Rabu (17/6/2020). (Baca juga: Update Corona Indonesia 17 Juni 2020: 41.431 Orang Positif, 16.243 Sembuh, dan 2.276 Meninggal)

Yanti Airlangga mengimbau masyarakat untuk mengunjungi galeri batik YBI di Museum Tekstil yang kaya akan budaya. “Di sini kita mempelajari bahwa jiwa-jiwa pembatik itu tidak hanya sekadar membatik, bukan hanya sekadar menggores. Tapi dilakukan dengan sepenuh hati. Terutama batik-batik yang sudah lawas, yang tidak kalah kualitasnya dengan batik baru,” tuturnya.

Dia juga menuturkan di Museum Tekstil masyarakat juga bisa berlatih membatik dari awal prosesnya hingga tahap akhir sebuah kain berubah menjadi kain batik.

”Dengan belajar mencanting dan melihat betapa karya-karya batik Indonesia itu sangat indah dan kita di sini juga bisa mengenal teknik nitik, rowong dan lainnya,” jelas Yanti.

Selain itu, Yanti melanjutkan YBI juga berencana membuat pameran kecil untuk lebih memperkenalkan batik nusantara dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan pencegahan COVID-19. “Dalam rangka membantu para pengrajin kecil terutama di daerah-daerah yang sudah memiliki batik, sudah dipersiapkan untuk pameran dan diperjualbelikan. Tentunya kami akan tampung di sini melalui kurasi.” (Baca juga: Angka Kasus Positif Covid-19 Indonesia Tertinggi di ASEAN)

“Kita berharap dari YBI bisa membantu semaksimal mungkin dan membuat acara-acara kecil dimana akan ada seperti pasar seni, musik, tarian dan semua yang berhubungan dengan budaya,” sambung istri Ketua Umum Partai Golkar itu.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)