Kesuksesan IPU Bali Jadi Barometer Pelaksanaan Event Internasional Lanjutan

Rabu, 30 Maret 2022 - 21:09 WIB
loading...
Kesuksesan IPU Bali Jadi Barometer Pelaksanaan Event Internasional Lanjutan
Suksesnya penyelenggaraan Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang digelar di Nusa Dua Bali dinilai menjadi senjata ampuh untuk mengembalikan kepercayaan dunia kepada Indonesia. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Suksesnya penyelenggaraan Forum Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 yang digelar di Nusa Dua Bali dinilai menjadi kartu As atau senjata ampuh untuk mengembalikan kepercayaan dunia kepada Indonesia. Event ini membuktikan negeri ini telah cukup aman dari badai pandemi Covid-19 dan keterpurukan ekonomi global.

Demikian pandangan dan pendapat Anggota Dewan Pakar Partai Golkar Henry Indraguna merespons gelaran Parlemen dunia yang baru usai, Minggu (20/3/2022) lalu.

"Apresiasi tinggi dan kenyamanan yang dirasakan para delegasi forum Parlemen dunia ini dinilai menjadi barometer pelaksanaan event internasional lanjutan. Lebih dari 110 negara hadir dengan total delegasi sebanyak 1.000 orang itu menunjukkan kepercayaan dunia yang luar biasa kepada Indonesia," ujar Henry di sela-sela kegiatan "Nyadran" di dapil binaannya di Surakarta, Rabu (30/3/2022).

Henry Indraguna yang baru saja diangkat sebagai Anggota Sekretaris Fraksi Partai Golkar (FPG) DPR RI ini mengungkapkan bahwa Indonesia sebelumnya telah beberapa kali menjadi tuan rumah forum Parlemen dunia, termasuk agenda IPU ini. Namun bedanya, dalam penyelenggaraan IPU ke-144 kali ini, Indonesia lebih banyak mendapat pujian dan delegasi.

Menurutnya, Indonesia telah diapresiasi dengan sangat baik dalam menyelenggarakan IPU ke-144. Secara jamak para delegasi menyatakan Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik, ramah, hangat, dan menganggap semua peserta saudara antarbenua sekalipun pandemi belum usai.

“Saya cermati para delegasi jamak menyatakan 'this is really different' kami bisa datang ke Indonesia di tengah-tengah pandemi. Tapi kami merasa nyaman dan aman sekali datang ke Indonesia karena memang sambutan tuan rumah hangat dan fleksibel,” tutur Henry.

Para delegasi Parlemen dunia pun menyatakan saat ini penyelenggaraan IPU telah naik kelas setelah melihat standar pelaksanaan oleh DPR RI dan menyebut Indonesia menjadi barometer baru pelaksanaan forum-forum IPU.

“Saya cermati para delegasi jamak menyatakan 'this is really different' kami bisa datang ke Indonesia di tengah-tengah pandemi. Tapi kami merasa nyaman dan aman sekali datang ke Indonesia karena memang sambutan tuan rumah hangat dan fleksibel,” katanya.

Para delegasi parlemen dunia pun menyatakan saat ini penyelenggaraan IPU telah naik kelas setelah melihat standar pelaksanaan oleh DPR RI dan menyebut Indonesia menjadi barometer baru pelaksanaan forum-forum IPU.

Selain negara maju, negara-negara berkembang pun merasa bangga dengan Indonesia yang bisa menunjukkan kemampuan seserius ini menyelenggarakan event besar dunia. Di bilateral meeting, Thailand telah menyampaikan komitmennya akan kirim tim untuk mengetahui tahapan bagaimana Indonesia mempersiapkan IPU ke-144 dengan sukses.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1209 seconds (0.1#10.140)