Sidang IPU ke-144 di Bali Sukses Berkat Kerja Bersama Parlemen Indonesia

Kamis, 24 Maret 2022 - 23:27 WIB
loading...
Sidang IPU ke-144 di Bali Sukses Berkat Kerja Bersama Parlemen Indonesia
Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua Bali berakhir pada Kamis (24/3/2022). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR Fadli Zon menegaskan suksesnya Sidang IPU ( Inter-Parliamentary Union ) 144 di Nusa Dua Bali merupakan kerja bersama parlemen Indonesia. Dalam hal ini, ada kerja sama Pimpinan DPR maupun seluruh Anggota BKSAP.

BKSAP mempunyai peran membina, mengembangkan, dan meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama antara DPR dan parlemen negara lain, baik secara bilateral maupun multilateral, termasuk organisasi internasional yang menghimpun parlemen atau anggota parlemen negara lain, serta menerima kunjungan delegasi parlemen negara lain.

Namun, Fadli mengungkap sosok yang berhasil membawa Forum IPU 144 diselenggarakan di Bali pada Sabtu-Kamis, 19 hingga 24 Maret 2022, di antaranya Putu Supadma Rudana. Putu adalah Wakil Ketua BKSAP DPR.



"Pak Putu Supadma Rudana adalah sahabat saya, sekarang anggota DPR di Komisi VI sekaligus Wakil Ketua BKSAP. Saya sebagai Ketua BKSAP, jadi selalu bersama beliau keliling ke berbagai negara," kata Fadli di Bali, Kamis (24/3/2022).

Bali bisa menjadi tuan rumah kegiatan pertemuan delegasi internasional yang tergabung dalam Forum IPU 144 ini berkat promosi yang dilakukan Putu Rudana dan BKSAP kepada parlemen 178 negara maupun Pemerintah Indonesia. "Kita juga yang memilih Bali, Bli Putu yang menyarankan agar dilaksanakan di Bali. Luar biasa mempromosikan Bali di tiap negara dunia internasional. Jadi ini duta besar Bali juga di internasional, Bli Putu."

Politikus Partai Gerindra ini melihat Bali sebagai kota pariwisata paling terpukul dengan adanya pandemi Covid-19. Sebab, Bali perputaran perekonomiannya rata-rata dari wisatawan mancanegara. Makanya, lanjut dia, BKSAP mendorong bersama-sama pemerintah untuk ikut menyukseskan Forum IPU 144 digelar di Bali.

"Beliau (Putu Rudana) ikut mendorong kami bersama-sama supaya segera dibuka karantina, kita temui beberapa menteri termasuk Pak Gubernur meminta tolong segera dibuka penerbangan internasional. Mudah-mudahan kalau penerbangan internasional sudah normal, saya kira Bali hidup kembali terutama pariwisatanya."

Wakil Ketua BKSAP DPR Putu Supadma Rudana mengaku senang akhirnya event IPU 144 bisa diselenggarakan di Indonesia dan Bali ditunjuk sebagai tuan rumah. Menurutnya, Bali merupakan destinasi utama dari pariwisata Indonesia.

"Kita bangga karena selama ini masyarakat Indonesia, Bali dan dunia menghadapi pandemi Covid-19. Selama dua tahun terakhir, tidak mudah untuk bepergian, traveling, meeting atau konvensi sidang-sidang. Semua sebagian besar dilakukan virtual," kata anggota DPR asal Bali ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1364 seconds (0.1#10.140)