Pakai Pelat Mobil Jogja dan Cirebon di Toronto, Cara Diaspora Mengingat Kampung Halaman

Rabu, 30 Maret 2022 - 12:42 WIB
loading...
Pakai Pelat Mobil Jogja dan Cirebon di Toronto, Cara Diaspora Mengingat Kampung Halaman
Wiryawan berfoto bersama mobilnya yang memiliki pelat nomor kota kelahirannya, Yogyakarta di Toronto, Ontario, Kanada dan Yusri dan mobilnya yang berpelat Cirebon di Brampton. Foto/Faisal Nasution
A A A
KANADA - Berbagai cara dilakukan para perantau, khususnya diaspora di Toronto, Kanada untuk mengungkapkan kecintaan kepada kampung halaman. Salah satunya membeli nomor pelat kendaraan bermotor sesuai nama daerah asal mereka.

Wiryawan,52, pria asal Kadipaten Kidul Nomor 44, Ndalem Kaneman, Yogyakarta, memesan nomor khusus bertuliskan YOGYA saat membeli mobil pertamanya di Kanada pada 2010 lalu. Dia rela merogoh kocek lebih dalam demi mendapatkan nomor unik untuk mobil jenis hatchback buatan Jepang.

“Pada saat itu saya membayar sekitar CAD200 untuk pelat nomor kendaraan Yogya. Tidak apa-apa (membayar lebih mahal) karena dengan pelat mobil itu saya selalu merasa diingatkan tentang asal-usul saya. Dan saya juga bangga dengan identitas saya di mobil itu,” katanya kepada SINDOnews di Toronto, Rabu (30/3/2022).



Bagi Wiryawan, Yogya dengan segala kultur dan tradisi sangat menginspirasi kemanapun dia pergi. Terlebih lagi kala memutuskan menetap di negara yang berada di belahan benua Amerika bagian Utara ini pada 2001. Pelat mobil itu tidak hanya mengingat tempatnya dibesarkan, tetapi ibu bapak dan keluarganya. Juga kenangan indah masa kecil.

“Saya lahir dan besar di sana kemudian langsung merantau ke Kanada yang letaknya sangat jauh dari Indonesia. Yah, sebagai pelepas rindu juga. Dengan pelat mobil ini, anak-anak saya akan selalu ingat asal-usul orang tuanya serta mau mempelajari budaya dan tradisi masyarakat Yogyakarta,” imbuhnya.



Wawan, begitu dia akrab disapa, menjelaskan, keunikan pelat nomor kendaraan itu membuat mobilnya langsung dikenali, khususnya warga Indonesia di Toronto dan sekitarnya. Tamu-tamu yang datang dari Indonesia juga memberi perhatian saat melihat nomor tersebut. Pernah juga seorang pria India mendatanginya karena tertarik dengan pelat mobil itu. Menurut pria tersebut, kata Yogya juga memiliki arti dalam bahasa Hindi, yakni sesuai.

Pengajar kesenian Indonesia ini tidak mempermasalahkan kondisi tersebut seakan membuat gerakannya terhambat karena semua orang tahu mobilnya. “Saya sih biasa-biasa saja,” ucapnya.

Mantan staf bagian sosial budaya di Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Toronto ini mengungkapkan, untuk mendapatkan pelat nomor kendaraan unik itu tidaklah sulit. Petugas di kantor Service Ontario tinggal mengecek pelat yang diajukan dan bila tidak dimiliki pihak lain, maka langsung diberikan dalam beberapa hari. Biayanya pun hanya sekali dibayarkan. Selebihnya tinggal membayar pajak yang besarannya sama dengan nomor pelat lainnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5016 seconds (0.1#10.140)