Jelang Mudik, Satgas Covid-19 Dorong Peningkatan Cakupan Vaksinasi Booster

Selasa, 29 Maret 2022 - 18:59 WIB
loading...
Jelang Mudik, Satgas Covid-19 Dorong Peningkatan Cakupan Vaksinasi Booster
Pemerintah mendorong peningkatan cakupan vaksinasi jelang mudik Lebaran 2022. Hal ini dikatakan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Pemerintah mendorong peningkatan cakupan vaksinasi booster jelang mudik Lebaran 2022. Hal ini dikatakan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 , Wiku Adisasmito.

Baca juga: Kemenkes Pastikan Jumlah Stok Vaksin Booster Aman

Diketahui, kini pemerintah telah memutuskan untuk mengizinkan mudik lebaran. Wiku pun menegaskan bahwa pemerintah selalu berupaya menyusun kebijakan untuk mendukung dan memfasilitasi kegiatan masyarakat yang aman di masa pandemi Covid-19.



"Prinsipnya pemerintah pusat mendorong seluruh daerah segera melakukan percepatan vaksinasi booster demi perlindungan optimal sesuai dengan arahan Presiden," kata Wiku saat Konferensi Pers secara virtual, Selasa (29/3/2022).

Wiku mengatakan, beberapa daerah saat ini telah berhasil melakukan percepatan vaksinasi. "Salah satu contohnya adalah provinsi Bali yang mampu meningkatkan cakupan vaksinasi Booster sebesar 26% hanya dalam kurun waktu 3 minggu," ucapnya.

Namun Wiku menegaskan, perlu menjadi perhatian bahwa laju vaksinasi dosis 1 dan 2 juga harus sama cepatnya, agar pembentukan imunitas masyarakat di setiap daerah dapat terbentuk secara merata.

Dia juga menegaskan, vaksinasi pada saat puasa tidak membatalkan puasa. "Upaya vaksinasi akan terus dilakukan memasuki bulan Ramadhan karena sesuai dengan fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 bahwa vaksinasi saat berpuasa tidak bersifat membatalkan puasa," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)