Gaduh Penundaan Pemilu 2024, PDIP Ingatkan soal Runtuhnya Orde Baru

Minggu, 27 Maret 2022 - 16:54 WIB
loading...
Gaduh Penundaan Pemilu 2024, PDIP Ingatkan soal Runtuhnya Orde Baru
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menekankan pentingnya pembatasan masa jabatan presiden dua periode. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jendral Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( Sekjen PDIP ) Hasto Kristiyanto mengatakan, seorang menteri harus fokus soal tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Jika pengerjaannya di luar tupoksi, maka akan menyebabkan kerancuan.

"Upaya mengatasi pandemi di mana sektor ekonomi rakyat harus digerakkan. Setiap menteri harus fokus pada kerjanya kecuali Menko PolhuKam dan mendagri yang punya kewenangan tersebut," kata Hasto kepada wartawan, Minggu (27/03/2022).

Hasto mengatakan, aspirasi masyarakat sudah disampaikan kepada konstitusinya. Karena Konstitusi tersebut dibangun dengan melihat adanya praktik demokrasi. "Amendemen diberlakukan pasca jatuhnya pemerintahan yang sangat otoriter dengan menggunakan seluruh kekayaannya," katanya.



Ia juga mengatakan pentingnya pembatasan masa jabatan presiden dua periode. Menurutnya, pembatasan itu mengingatkan pada rezim Orde Baru yang berkuasa selama 32 tahun, sehingga penguasaan aset-aset strategis hanya dinikmati kroni-kroninya.

"Dari situ lah kita belajar pentingnya pembatasan masa jabatan presiden dua periode," katanya.

Hasto menyebut meskipun PDIP menyadari konstitusi Republik Indonesia belum sempurna, tetapi skala prioritasnya adalah lebih mengedepankan kepentingan rakyat. "Ketika kita sudah mencapai kejayaan, pendidikan kita bisa melampaui Singapura atau Malaysia, di situ lah kita berbicara kembali," katanya.

Sebelumnya, Hasto Kristiyanto menegaskan pihaknya punya sikap yang sama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni menolak perpanjangan masa jabatan maupun penundaan Pemilu 2024. Hasto justru melihat ada orang-orang di sekitar Jokowi yang tidak memahami kehendak Jokowi.

Baca juga: Waketum Perindo: Pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 Perlu Didukung Semua Pihak

"Di sekitar presiden pun kita melihat tidak memahami kehendak dari presiden," kata Hasto Kristiyanto, Kamis (3/3/2022).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2657 seconds (0.1#10.140)