Menteri LHK: Upaya Indonesia Wujudkan Folu Net Sink 2030 Didukung AS

Minggu, 20 Maret 2022 - 16:12 WIB
loading...
Menteri LHK: Upaya Indonesia Wujudkan Folu Net Sink 2030 Didukung AS
Menteri LHK, Siti Nurbaya menyambut baik dukungan Amerika Serikat (AS) dalam upaya Indonesia untuk mengimplementasikan Rencana Operasional FOLU Net Sink 2030. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mendukung upaya Indonesia untuk mengimplementasikan Rencana Operasional Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink 2030. Hal ini dikatakan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan ( LHK ), Siti Nurbaya.

Baca Juga: Menteri LHK
Baca juga: Antisipasi Kebakaran, Siti Nurbaya Mantapkan Upaya Pencegahan Karhutla

"Di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo, Indonesia secara konsisten telah berhasil mengurangi deforestasi secara signifikan," kata Siti Nurbaya, dalam keterangannya, Minggu (20/3/2022).

"Penurunan deforestasi secara simultan ini, mencerminkan upaya serius Indonesia dalam mewujudkan Forestry and Other Land Use (FOLU) NET SINK 2030," tambahnya.

Pada awal pertemuan, Penasihat Senior Robert O Blake Jr, mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia mengucapkan selamat kepada Menteri Siti atas peluncuran Rencana Operasional FOLU NET SINK 2030.

Jeffery P Cohen, Direktur USAID Indonesia, dalam pertemuan itu menyampaikan, USAID akan memprioritaskan dukungannya untuk mewujudkan rencana operasional FOLU NET SINK 2030.

Dalam kesempatan tersebut, Siti memberikan contoh upaya penanggulangan kebakaran hutan dengan menerapkan solusi permanen yang berkelanjutan (monitoring hotspots, teknologi modifikasi cuaca serta penyadartahuan sistem paralegal, yang sudah dilakukan sejak dua tahun lalu).

"Demikian pula dengan upaya restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove sebagai bagian dari aksi FOLU NET SINK 2030," ujarnya.

Terkait deforestasi, Siti lebih rinci menyampaikan bahwa deforestasi Indonesia 2019-2020; tercatat sekitar 115 ribu hektare, lebih rendah 75% dari periode sebelumnya tahun 2018-2019. Dari data ini menunjukkan tren penurunan deforestasi selama dua periode terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)