Ary Ginanjar Apresiasi Internalisasi BerAKHLAK di Kementerian LHK

Jum'at, 18 Maret 2022 - 13:49 WIB
loading...
Ary Ginanjar Apresiasi Internalisasi BerAKHLAK di Kementerian LHK
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bersama pakar pembangunan karakter Ary Ginanjar Agustian saat Internalisasi BerAKHLAK di Kementerian LHK, Jakarta, Rabu (16/3/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Pakar pembangunan karakter, Ary Ginanjar mengapresiasi upaya internalisasi core values Aparatur Sipil Negara BerAKHLAK di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) . Dengan core values ini ASN diharapkan memiliki nilai nilai dasar yang Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

"Upaya internalisasi BerAKHLAK yang dilakukan oleh Menteri KLHK dan jajaran ini patut diapresiasi," ujar Ary Ginanjar dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (18/3/2022).

Menurutnya, BerAKHLAK yang dicanangkan Presiden Jokowi pada 27 Juli 2021 ini tidak bisa hanya menjadi jargon, tapi harus diinternalisasikan secara intensif kepada setiap ASN, seperti yang dilakukan di KLHK.

Baca juga: Langkah Mitigasi, Menteri LHK: Para Gubernur Perlu Pahami Perubahan Iklim

"Komitmen pimpinan tertinggi di kementerian mutlak diperlukan agar nilai dasar ini terimplementasi dengan utuh ke dalam mindset setiap ASN. Dalam hal ini, Ibu Menteri LHK kita acungi jempol karena secara kongkret melakukan ini," kata Ary yang merupakan founder dari ESQ Leadership Centre.

Sementara itu, Menteri KLHK Siti Nurbaya Bakar meminta core values BerAKHLAK menjadi prinsip dan nilai utama dalam kerja-kerja KLHK. "Core values BerAKHLAK menjadi suatu hal yang harus dihargai, dijalankan, dijunjung tinggi dan menjadi jiwa dari organisasi KLHK," kata Siti Nurbaya saat Pembinaan Pegawai KLHK dalam rangkaian Peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-39 tahun 2022 di Jakarta, Rabu (16/3/2022).

Menteri Siti sangat yakin Rimbawan Indonesia mampu mengelola sektor kehutanan sebagai bagian penting dalam menggapai cita-cita nasional mewujudkan keadilan kesejahteraan. Sebab, Rimbawan memiliki modal dasar yang kuat, yaitu nilai-nilai dasar rimbawan yang menjadi landasan jati dirinya, yaitu jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerja sama, dan profesional.

"Saya yakin para Rimbawan juga dapat terus dan akan selalu menjaga amanah penugasan misi KLHK dalam mewujudkan visi Bapak Presiden," katanya.

Ary Ginanjar Agustian yang menjadi narasumber, menyapa ratusan Rimbawan yang hadir di auditorium serta dari seluruh Indonesia melalui Zoom Meeting. "Bu Menteri mengatakan bahwa forest and other land use atau FoLu Net Sink 2030 ini adalah sebuah visi untuk mencapai Indonesia Emas. Untuk mencapai hal tersebut tentu ada strateginya, struktur serta sistem yang dipersiapkan dan dijalankan. Namun pada pelaksanaannya, Ibu Menteri senantiasa menyampaikan leading by example," katanya.

"Jadi saya mau mengingatkan kembali, untuk mencapai visi misi dan tujuan Bu Menteri serta KLHK harus menyeimbangkan keduanya yakni dari sisi renstra dan budaya kerja. Supaya performa atau kinerja dalam Kementerian ini berjalan dengan baik," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)