Masalah Ketenagakerjaan Pemuda Dibahas di Pra-KTT Y20

Kamis, 17 Maret 2022 - 18:48 WIB
loading...
Masalah Ketenagakerjaan Pemuda Dibahas di Pra-KTT Y20
Co-chairs Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Foto/Instagram Rahayu Saraswati
A A A
JAKARTA - Pra Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Indonesia 2022 akan digelar pada 19-20 Maret 2022 di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Persoalan mengenai ketenagakerjaan pemuda akan dibahas para delegasi Y20.

Co-chairs Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menilai pemuda punya andil besar dalam upaya pemulihan dunia, khususnya akibat pandemi Covid-19 . Wanita yang akrab disapa Sara ini mengatakan bahwa topik ketenagakerjaan pemuda merupakan sesuatu yang penting untuk didiskusikan bersama.

“Selama dua tahun terakhir, kita telah dihadapkan dengan tantangan yang tidak pernah kita hadapi sebelumnya dalam hidup kita. Namun, kekuatan kita dalam empati, kreativitas, inovasi, dan ketahanan telah membawa kita sejauh ini. Tidak ada yang bisa memungkiri bahwa pemuda memiliki andil besar dalam upaya pemulihan Covid-19,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (17/3/2022).





Lebih lanjut dia mengatakan bahwa masalah ketenagakerjaan muda juga sudah ada sebelum pandemi, seperti pengangguran hingga penurunan permintaan tenaga kerja. Dikatakan Sara, dampak pandemi Covid-19 telah menghancurkan pekerja muda di seluruh negara G20.

“Pandemi tidak hanya merusak peluang kerja, namun mendorong para pemuda ke pekerjaan dengan kualitas lebih rendah serta menghambat jalur masuk bagi pencari kerja pertama kali,” ujarnya.

Sara menambahkan, transisi dari jenjang sekolah ke dunia kerja penuh dengan banyak kesulitan dengan ditandai pekerjaan bergaji rendah, berstatus rendah, dan tidak stabil. Sementara itu, Co-chairs Y20 Indonesia 2022 Michael Victor Sianipar mengungkapkan bahwa Pra-KTT di Palembang akan diikuti oleh delegasi dari Indonesia dan perwakilan pemuda anggota G20.

Sejumlah tokoh seperti Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, Menteri Sosial Tri Rismaharini, perwakilan International Labour Organization (ILO), hingga Universitas Oxford juga akan dihadirkan dalam talkshow.

Michael menuturkan terdapat subtema yang juga akan dibahas saat talkshow, yakni mengenai Jaring Pengaman Sosial untuk pekerja di sektor informal dan non- standar kewirausahaan sosial pemuda. “Saya mengajak para delegasi Y20 untuk berpikir tentang perubahan nyata dan kontinuitas. Saya juga berharap dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa apa yang didiskusikan dan diputuskan pada KTT tahun ini akan memberikan dampak yang signifikan,” kata Michael.

Selain di Palembang, Pra-KTT juga akan diselenggarakan di sejumlah kota lain di Indonesia, yakni Nusa Tenggara Barat, Balikpapan, dan Manokwari. Sedangkan puncak KTT Y20 akan diselenggarakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022.

Adapun Youth 20 merupakan wadah bagi pemimpin muda masa depan dari seluruh negara anggota G20 untuk berdiskusi, berargumen, dan bertukar ide, hingga mencapai kesepakatan bersama terkait agenda Presidensi G20. Hasil dari KTT Y20 adalah terciptanya Y20 Communiqué.

Konferensi Y20 pertama kali diselenggarakan pada 2010. Selanjutnya, tuan rumah penyelenggara berganti setiap tahunnya berdasarkan lokasi Presidensi G20 berlangsung. Y20 tahun ini yang diselenggarakan di Indonesia mengusung tema ‘Dari Pemulihan ke Resiliensi: Membangun Kembali Agenda Pemuda Pasca Covid-19’.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)