Survei: Ganjar Pranowo Capres Terkuat di Lampung dan Jatim

Rabu, 16 Maret 2022 - 15:13 WIB
loading...
Survei: Ganjar Pranowo Capres Terkuat di Lampung dan Jatim
Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 teratas di wilayah Lampung dan Jawa Timur (Jatim). Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 teratas di wilayah Lampung dan Jawa Timur (Jatim). Hal tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga Charta Politika Indonesia.

Hasil survei itu setelah Charta Politika melakukan riset preferensi sosial dan politik masyarakat di tiga provinsi, yaitu Lampung, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Hasilnya, Ganjar memimpin dalam 10 nama calon presiden.

Adapun wawancara dilakukan kepada responden Lampung mulai 27 Januari-2 Februari 2022, sementara untuk Jawa Timur dan Jawa Barat pada 3-9 Februari 2022. Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya membeberkan para responden diberikan pertanyaan, seperti “Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih sebagai Presiden di antara nama-nama berikut ini?”.





Maka, Ganjar pun melesat jauh di atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. "Pada simulasi 10 nama calon Presiden, Ganjar Pranowo 24.9 persen mendapatkan elektabilitas tertinggi di Jawa Timur, sedangkan di urutan kedua ada Prabowo Subianto 16.4 persen, sementara sebanyak 15.1 persen masyarakat memilih Anies Baswedan," kata Yunarto.

Hal serupa juga terjadi di Lampung, nama Ganjar memimpin sebagai calon presiden pilihan masyarakat. Elektabilitas Ganjar mencapai 27,1 persen, sementara Prabowo Subianto 26,8 persen di urutan kedua dan Anies Baswedan 19,1 persen pada urutan ketiga.

"Namun di Jawa Barat, Ganjar Pranowo memperoleh 12 persen. Artinya mampu menyaingi tiga kandidat lain seperti Prabowo Subianto 24,0 persen, Ridwan Kamil 20,9 persen, lalu Anies Baswedan 18 persen," ungkapnya.

Sekadar informasi, survei preferensi sosial dan politik masyarakat menggunakan metode multistage random sampling pada tingkat kepercayaan 95 persen secara tatap muka melalui kuesioner terstruktur yang digelar di tiga provinsi, Jawa Timur, Lampung, dan Jawa Barat.

Jumlah sampel di Jawa Timur sebanyak 1.210 responden, Lampung 800 responden, dan Jawa Barat 1.200 responden. Adapun margin of error di Jawa Timur kurang lebih 2,82 persen, Lampung kurang lebih 3,46 persen, dan Jawa Barat 2,83 persen.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1519 seconds (0.1#10.140)