IVL Season IX, Mojokerto Perkuat Posisi sebagai Daerah Penunjang Pariwisata dan Produk UMKM

Selasa, 15 Maret 2022 - 17:16 WIB
loading...
IVL Season IX, Mojokerto Perkuat Posisi sebagai Daerah Penunjang Pariwisata dan Produk UMKM
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi salah satu kepala daerah yang mengikuti babak penjurian IVL Seasion IX yang digelar MPI di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (15/3/2022). FOTO/MPI/ADHITA DIAN
A A A
JAKARTA - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menjadi salah satu kepala daerah yang mengikuti babak penjurian Indonesia Visionary Leader (IVL) Seasion IX yang digelar MNC Portal Indonesia (MPI) di Gedung SINDO, Jakarta, Selasa (15/3/2022).

Dalam paparannya, Ika memaparkan keunggulan Mojokerto sebagai daerah yang kaya wisata sejarah dan budaya. Mojokerto merupakan pusat Kerajaan Majapahit pada zaman dahulu sangat menarik para wisatawan untuk mengunjungi berbagai situs dan lokasi bersejarahnya.

"Meski pusat kebudayaannya berada di wilayah kabupaten, namun Kota dan Kabupaten Mojokerto bersinergi dan berintegrasi dalam pembangunan ekonomi dan pariwisata," kata Ika di hadapan dewan juri IVL.



Dewan juri kegiatan IVL terdiri dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship Andi Ilham Said, Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto, dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy. IVL kali ini bertema Sinergi Pemerintah Daerah untuk Percepatan Ekonomi.

Ika menjelaskan, Kota Mojokerto memiliki beragam fasilitas penunjang pariwisata seperti hotel dan pusat oleh-oleh. Dia juga mengungkapkan, Kota Mojokerto memiliki keunggulan industri sepatu dan sandal. "Industri alas kaki sudah menjadi komoditas ekspor Kota Mojokerto sejak 1995. Memang bukan industri besar, tapi usaha kecil menengah dan maju," katanya.

Saat pandemi terjadi, Ika mendorong para pelaku UMKM alas kaki agar produk-produknya masuk dalam katalog elektronik LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah). Pengadaan sepatu sekolah-sekolah di Mojokerto pun mengandalkan produk UMKM alas kaki setempat.

Baca juga: Indonesia Visionary Leader IX, Bupati Tapin Kenalkan Strategi Pembangunan Daerah melalui Pertanian

Selain alas kaki, Ika juga mengarahkan komunitas ibu-ibu rumah tangga untuk terlibat dalam industri batik. "Kami mengembangkan batik Surya Mojopahit yang merupakan simbol Kerajaan Majapahit, dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga," katanya.

Untuk menopang pemasaran aneka produk UMKM ini, Ika mendirikan pusat pameran hasil UMKM di mal dan marketplace online.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1513 seconds (0.1#10.140)