Kasus Covid-19 di 25 Provinsi Mengalami Tren Penurunan, 9 Provinsi Masih Meningkat

Jum'at, 11 Maret 2022 - 10:03 WIB
loading...
Kasus Covid-19 di 25 Provinsi Mengalami Tren Penurunan, 9 Provinsi Masih Meningkat
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan tren kasus konfirmasi Covid-19 memperlihatkan tren penurunan secara nasional. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan tren kasus konfirmasi Covid-19 memperlihatkan tren penurunan secara nasional. Data terbaru menunjukkan kini sudah ada 25 provinsi, dari sebelumnya 24 provinsi, dengan tren penurunan kasus konfirmasi harian, sementara 9 provinsi lain masih menunjukkan angka kasus harian yang meningkat.

Tren penurunan kasus ini juga diikuti dengan menurunnya keterisian rumah sakit di 27 provinsi dan menunggu 7 provinsi secara konsisten menunjukkan penurunan keterisian rumah sakit seperti daerah lainnya. Tren keterisian rumah sakit masih bertahan di angka 27%.

“Data-data harian penanganan pandemi secara nasional memang menunjukkan perbaikan, namun kami imbau agar masyarakat tidak lengah. Salah satu hal yang perlu dikejar saat ini adalah percepatan dan perluasan cakupan vaksinasi lengkap dua dosis dan booster,” ujar Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dikutip dari keterangan resminya, Jumat (11/3/2022).

Sementara itu, Nadia juga meminta program vaksinasi Covid-19 perlu didorong lebih jauh lagi dan diikuti oleh seluruh masyarakat apabila ingin segera mengendalikan pandemi Covid-19. Salah satu upaya untuk mendorong laju vaksinasi adalah dengan memberikan syarat bepergian tanpa perlu tes PCR ataupun swab Antigen khusus bagi mereka yang telah vaksinasi lengkap dua dosis ataupun booster.

“Salah satu syarat terpenting untuk pelonggaran aktivitas masyarakat di masa pandemi adalah memenuhi program vaksinasi. Ini bukan sekadar aturan pemerintah yang patut diikuti, namun juga mempertahankan kita dari risiko berat terinfeksi COVID-19,” jelas Nadia.

Harapan pemerintah adalah dengan relaksasi aktivitas masyarakat di masa pandemi, masyarakat juga antusias mengikuti program vaksinasi demi mempertahankan diri dari virus Covid-19. Akses vaksinasi baik primer maupun booster juga sudah dipermudah oleh pemerintah. Begitu juga dengan jarak waktu pemberian vaksin booster yang kini diperpendek menjadi tiga bulan setelah vaksinasi primer selesai dilakukan.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)