Nasdem Tolak Wacana Pemilu 2024 Ditunda

Selasa, 01 Maret 2022 - 12:56 WIB
loading...
Nasdem Tolak Wacana Pemilu 2024 Ditunda
Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh menyatakan sikapnya terhadap kontestasi Pemilu 2024 ditunda. Dia tak ingin dianggap sebagai pengkhianat reformasi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh telah menyatakan sikapnya terhadap wacana kontestasi Pemilihan Umum ( Pemilu ) 2024 ditunda. Wacana ini sebelumnya telah digulirkan oleh sejumlah partai politik (parpol) koalisi pemerintah.

Baca Juga: pemilu
Baca juga: Pakar Tegaskan Wacana Penundaan Pemilu Tak Masuk Akal

"Ketika ingin menempatkan kepentingan bangsa, maka kita akan menempatkan sesuai konstitusi. Nah, kalau konstitusinya berbicara seperti itu (dua periode), maka NasDem akan berada paling depan (mematuhi aturan)," kata Surya Paloh dalam keterangan tertulisnya, Selasa (1/3/2022).



Di dalam konstitusi Pasal 22E UUD 1945 secara imperatif menyatakan bahwa pemilu untuk memilih anggota DPR, DPD, Presiden dan Wakil Presiden serta DPRD dilaksanakan setiap lima tahun sekali.

Partai NasDem kata dia, teguh memegang aturan bernegara yang merujuk konstitusi yang ada. Ia juga mengajak kepada para elite partai untuk mematuhi konstitusi. "Tentu kita mengajak semua pihak, untuk tetap menggelar pemilu," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga melihat tidak ada alasan untuk menunda Pemilu 2024. Penundaan pemilu bisa dilakukan, jika keadaan memang terpaksa. Misalnya ada perang, bencana alam yang luar biasa terjadi.

Faktanya, saat ini kondisi negara dalam keadaan kondusif dan baik-baik saja, sistem perekonomian juga menunjukkan tren positif. Karenanya, sepanjang masih berjalan baik dan kepemimpinan berhasil menanggulangi Covid-19 maka Pemilu tetap dilanjutkan sesuai jadwal.

Paloh pun menginstruksikan kepada seluruh anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem di parlemen untuk mendorong agar pemilu tidak ditunda.

Lebih jauh Paloh mengimbau kepada seluruh kader dan masyarakat, agar wacana perpanjangan masa jabatan presiden yang mencuat kembali belakangan ini untuk tidak ditanggapi.

"Sistem negara kita demokrasi, yang mana demokrasi super liberal. Kalau baru exercise gini dan lempar-lempar kecil ya Nasdem pahami itu, jadi belum tertarik bahas ini secara serius," tuturnya.

Meski begitu, Paloh tetap menghargai keinginan parpol lain yang mewacanakan pengunduran Pemilu 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden. "Saya hormat jika parpol lain punya argumentasi untuk usul perpanjangan masa kepemimpinan," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1616 seconds (0.1#10.140)