Masyarakat Kota Santri Dukung Airlangga Hartarto Maju di Pilpres 2024

Jum'at, 25 Februari 2022 - 23:01 WIB
loading...
Masyarakat Kota Santri Dukung Airlangga Hartarto Maju di Pilpres 2024
Dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai Capres 2024 datang dari sejumlah masyarakat di Kota Santri, Jombang. Foto/Istimewa
A A A
JOMBANG - Dukungan kepada Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai Capres 2024 datang dari sejumlah masyarakat di Kota Santri, Jombang. Mereka tergabung dalam Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH) yang terdiri dari sejumlah alumni santri, entrepreneur, akademisi, komunitas kreatif dan puluhan masyarakat dari berbagai latar belakang.

"Airlangga Presiden, Airlangga Presiden, Airlangga Presiden," seru masyarakat yang tergabung dalam Dialog Publik Gerakan BerkAH di sebuah kafe, di pusat Kota Jombang, Kamis (24/2/2022).

Juru Bicara Gerakan BerkAH Jombang, Fikri (25) menjelaskan alasan dukungan dari puluhan masyarakat Kota Santri ini karena Airlangga Hartarto dianggap memiliki kompetensi bidang ekonomi dan kedekatan dengan kalangan santri. Sehingga, ia berharap dukungan kepada Airlangga bisa meningkatkan kesejahteraan dan pengembangan masyarakat pesantren.

"Kami mengikuti perkembangan berita bahwa ada wacana perpanjangan masa jabatan (Presiden). Gak popo, itu aspirasi. Sesuai demokrasi, kita hormati, dan sesuai konstitusi, masa jabatan presiden adalah dua periode. Pilpres, Pileg dan Pilkada berikutnya tahun 2024. Paling tidak hal itu yang jadi pegangan masyarakat saat ini. Sing penting, kami melihat Pak Airlangga memiliki kemampuan leadership yang kuat dan rekam jejak yang baik. Kami dukung Airlangga jadi Presiden RI selanjutnya," ujar Fikri usai deklarasi.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Jombang, Budiman mengatakan Airlangga Hartarto memiliki dua modal utama sebagai calon presiden. Pertama, sebagai Ketum DPP Golkar, Airlangga memiliki kendaraan untuk mencalonkan diri sebagai Presiden.

"Karena Partai Golkar memiliki mesin politik yang solid sampai tingkat desa. Dan DPD Golkar Jombang solid mendukung Ketum Airlangga sebagai calon presiden 2024," kata Budiman.

Modal kedua yang dimiliki Airlangga, menurut Budiman, posisi dan kinerja Airlangga di Pemerintahan Jokowi, baik sebagai Menko Perekonomian, Ketua KPCPEN maupun Koordinator PPKM Luar Jawa-Bali. Sehingga, Airlangga memiliki kesempatan dan track record menunjukkan kinerja dalam melayani publik.

"Harapannya masyarakat memilih Pak Airlangga. Karena beliau menunjukkan kinerja bagus sebagai Menko Perekonomian maupun Ketua KPCPEN," terangnya.

Di sisi lain, Airlangga Hartarto disebut sebagai tokoh politik yang tidak sibuk pencitraan. Namun fokus dalam bekerja. "Meski sudah memiliki dukungan dari partai, Pak Airlangga masih tekun dalam menjalankan amanah dari Presiden sebagai Menko Perekonomian dan jabatan-jabatan lain. Inilah tokoh yang kita butuhkan untuk memimpin Indonesia. Satu lagi, beliau menghormati demokrasi," tegasnya.

Sementara, Anwar Firdaus, Santripreneur asal Jombang menyatakan Airlangga dikenal sebagai sosok yang baik dalam menjalankan amanah sebagai seorang pemimpin politik dan sebagai pembantu Presiden Jokowi, sebagai Menko Perekonomian. Terkait pencalonan sebagai calon presiden, Anwar menilai Airlangga mampu menjadi pemimpin Indonesia ke depan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1813 seconds (0.1#10.140)