Tekan Covid-19, Airlangga: Pemerintah Terus Perluas Cakupan Vaksinasi Anak

Jum'at, 25 Februari 2022 - 20:03 WIB
loading...
Tekan Covid-19, Airlangga: Pemerintah Terus Perluas Cakupan Vaksinasi Anak
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyampaikan, saat ini pemerintah terus berupaya mempercepat dan memperluas cakupan vaksinasi, salah satunya kelompok anak usia 6-11 tahun. Airlangga berharap, akan mendorong tercapainya kekebalan kelompok.



Menurut Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) itu, kelompok anak-anak berusia antara 6-11 tahun termasuk kelompok yang rentan terhadap serangan Covid-19. Di mana sekitar 10 sampai 12 persen populasi yang pernah terkena Covid-19 berada di rentang usia tersebut.



Sembari berbincang dengan anak-anak peserta vaksin dan tenaga kesehatan, Airlangga menyampaikan kembali pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi), ia meminta masyarakat untuk tetap waspada, mengurangi mobilitas, tidak bepergian keluar negeri. Kemudian mengikuti program vaksin dosis primer maupun booster, serta disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Kegiatan vaksinasi anak-anak ini dilakukan secara serentak di 15 SD, setiap kecamatan di Kota Pekanbaru dengan target akseptor sebanyak 10.39 orang.

Khusus di SDN 158 Pekanbaru sendiri, vaksinasi ditargetkan untuk lebih dari 600 penerima yang berumur 6-11 tahun dengan jenis vaksin Pfizer. Airlangga pun memberikan apresiasi atas tingkat vaksinasi yang ada di Riau.

"Tentu dengan adanya Covid-19 varian Omicron ini, vaksinasi harus digenjot. Saya mengapresiasi di Riau ini karena tingkat vaksinasi pertama sudah mencapai 90 persen dan vaksin kedua sudah lebih dari 70 persen," tutur Airlangga.

Di tempat yang berbeda, Airlangga juga mengapresiasi peran tokoh masyarakat dan agama dalam mendukung program penanganan Covid-19 yang dilakukan pemerintah. Menurutnya, keberhasilan penanganan Covid-19 di Riau tidak lepas dari peran para tokoh masyarakat.

"Dengan dukungan para alim ulama, program vaksinasi dapat berjalan lancar dan masyarakat antusias untuk mendapatkan vaksinasi. Keberhasilan penanganan Covid-19 tidak lepas dari peran para tokoh masyarakat Riau yang turut mendukung dalam penanganan pandemi melalui PPKM dan protokol kesehatan," tutup Airlangga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1872 seconds (0.1#10.140)