Sederhana, Panglima TNI Kesayangan Prajurit Ini Tak Miliki Apa-apa di Rumahnya

Jum'at, 25 Februari 2022 - 06:14 WIB
loading...
Sederhana, Panglima TNI Kesayangan Prajurit Ini Tak Miliki Apa-apa di Rumahnya
Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir atau dikenal dengan M. Jusuf merupakan tokoh militer yang sangat dikenal di kalangan prajurit. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Jenderal TNI (Purn) Andi Muhammad Jusuf Amir atau dikenal dengan M. Jusuf merupakan tokoh militer yang sangat dikenal di kalangan prajurit. Wajar saja, pria kelahiran Bone, 23 Juni 1928 ini pernah menjabat sebagai Panglima TNI periode 1978-1983.

Sebagai jenderal lapangan, M. Jusuf kenyang dengan pengalaman tempur. Berbagai palagan telah dilaluinya mulai dari zaman Revolusi Kemerdekaan, meredam pemberontakan bersenjata Permesta, DI/TII Kahar Muzakar, penumpasan G30S/PKI hingga operasi di Timor-Timor sekarang bernama Timor Leste.

Selain keberaniannya di medan tempur, M. Jusuf juga dikenal sebagai pemimpin yang sangat peduli dengan kesejahteraan prajuritnya. Begitu perhatiannya, M. Jusuf tidak segan-segan mengecek rumah tangga dan makanan para prajuritnya. Tak heran, jika sosok M. Jusuf begitu dicintai prajuritnya.



”Jenderal M. Jusuf sangat dihormati. Bahkan, sampai dicium tangannya oleh anak buah. Belum ada lagi Panglima seperti beliau,” ucap Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dalam buku biografinya berjudul ‘Kepemimpinan Militer: Catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto’, dikutip SINDOnews, Jumat (25/2/2022).

Kepeduliannya kepada para prajurit sangat dirasakan ketika M. Jusuf mengunjungi, barak-barak, kompi-kompi dan batalyon-batalyon di seluruh Indonesia. Hampir sebagian besar waktunya dihabiskan untuk mendengarkan keluhan prajuritnya dan memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapi anak buahnya di lapangan.

Sederhana, Panglima TNI Kesayangan Prajurit Ini Tak Miliki Apa-apa di Rumahnya


Pernah suatu kali, M. Jusuf yang baru diangkat menjadi Panglima TNI melakukan inpeksi ke Markas Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Cijantung. Saat itu, M. Jusuf mengecek barak yang ditempati Prabowo dan bertanya mengenai permasalahan yang ada. ”Prabowo, apa kesulitan kompi kamu sekarang?,” tanya M. Jusuf.



Prabowo yang mengetahui jika di Cijantung sedang kesulitan air langsung menjawab pertanyaan tersebut. ”Panglima, tidak ada air di kompi saya,” ucap putra Begawan ekonomi Soemitro Djojohadikusumo ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)