KSP: Presiden Jokowi Umumkan Calon Kepala Otorita IKN pada Maret atau April

Jum'at, 18 Februari 2022 - 16:54 WIB
loading...
KSP: Presiden Jokowi Umumkan Calon Kepala Otorita IKN pada Maret atau April
Presiden Jokowi bakal mengumumkan kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Maret atau April. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menentukan siapa kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu selaras dengan langkah Jokowi yang menandatangani Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Wendy Tuturoong mengatakan pemilihan kepala otorita IKN bakal diumumkan pada Maret atau April tahun ini. "Iya betul (Maret atau April)," ujar Wendy, Jumat (18/2/2022).

Wendy mengatakan bahwa kepala otorita IKN bakal diumumkan setelah aturan turunan UU IKN yakni terkait otorita IKN. "Kalau nggak berbarengan, setelah Perpres Otorita terbit," kata Wendy.



Wendy mengatakan dalam memilih calon kepala otorita IKN nantinya mirip dengan pemilihan menteri kabinet. Menurut Wendy, Jokowi bakal menerima masukan dari berbagai pihak mengenai calon kepala otorita itu. "Karena ini jabatan setingkat menteri, jadi seperti biasanya pemilihan menteri. Tapi tentu Presiden akan menerima masukan dari berbagai pihak," jelasnya.



Mengenai nama-nama yang beredar, kata Wendy, semua calon yang telah disebutkan Jokowi memiliki peluang yang sama. Namun, semua kembali pada hak prerogatif Presiden Jokowi. "Ya semua nama yang beredar selama ini bisa saja terpilih. Tapi lagi-lagi ini hak prerogatif Presiden," kata Wendy.

Diberitakan sebelumnya, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan Presiden Jokowi pun telah menyampaikan beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang kepala otorita IKN. Salah satunya adalah berlatar belakang arsitek. Menurut Ngabalin kepala otorita nantinya tidak akan jauh dari apa yang disampaikan oleh Presiden.

“Tahun 2020 Presiden telah menyebut kriteria kepala IKN. Ada Azwar Anas, Mas Bambang, ada Ahok, ada Tumiyana. Belakangan Presiden ada menyebutkan juga mereka engineer, seorang insinyur, punya latar belakang sukses memimpin daerah, arsitek, ya toh? Jadi udah segitu aja, sewilayah situ aja,” kata Ngabalin.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1338 seconds (0.1#10.140)