5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Kamis, 17 Februari 2022 - 08:28 WIB
loading...
A A A
A400M merupakan airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti eskavator hingga truk pengangkut bahan bakar kapasitas 80 ton. Pesawat ini juga mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan siap tempur. Pesawat A400M ini mempunyai peran penting dalam berbagai misi yang dijalankan, yaitu transportasi kargo besar hingga terjun payung.

Kapal Fregat

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/website fincantieri

Pada Juni 2021 Kementerian Pertahanan Indonesia telah menandatangani kontrak penyediaan enam fregat kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale. Kapal fregat FREMM mempunyai panjang 14 meter dan lebar 20 meter. Kapal ini dapat menampung 108 pasukan dan awak kapal. Kapal fregat FREMM ini dipersenjatai sistem rudal SAAM Aster 15.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem senjata anti-kapal selam segala cuaca, Milas. FREMM dipersenjatai dengan rudal anti-kapal Exocet MM40 blok tiga milik MBDA. Sedangkan untuk fregat kelas Maestrale dilengkapi dengan perang anti-kapal selam (ASW). Selain itu, fregat kelas Maestrale dengan peluncur octuple Albatros. Peluncur ini mampu menembakkan rudal ke udara dan permukaan ke udara jarak menengah. Fregat kelas Maestrale dapat membawa 16 rudal tambahan.

Jet Tempur Dassault Rafale

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/ist

Kementerian Pertahanan telah menekan kontrak kerja sama terkait pembelian enam jet tempur Dassault Rafale pada 10 Februari 2022. Jet tempur ini diproduksi perusahaan Prancis Dassault Aviation. Rafale mempunyai mesin kembar yang dirancang sebagai pesawat serbaguna.

Selain itu, jet ini dilengkapi dengan rudal serangan udara ke udara MICA dan METEOR, meriam internal 30 mm dengan kemampuan 2.500 putaran per menit. Rafale mampu menampung senjata hingga sembilan ton. Kecepatan jet tempur ini mencapai 1.384 kilometer. Jet tempur Rafale dapat melakukanpencegatan pesawat musuh dalam satu misi, serangan udara ke darat, serangan udara ke udara.

Kapal Selam Scorpene
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)