5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Kamis, 17 Februari 2022 - 08:28 WIB
loading...
5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan
Selama menjbat sebagai menhan, Prabowo Subianto membeli sejumlah alutsista untuk memperkuat TNI. Foto/navalgroup.com
A A A
JAKARTA - Saat memutuskan bersedia bergabung ke dalam pemerintahan Presiden Jokowi, Prabowo Subianto hanya mau posisi sebagai Menteri Pertahanan. Sejak menjabat pada akhir 2019, mantan Danjen Kopassus itu telah melakukan pengadaan sejumlah alat utama sistem persenjataan ( alutsista ) untuk TNI.

Alutsista terus dimodernisasi demi mendukung TNI melaksanakan tugas dan fungsi pertahanan. Prabowo sangat yakin sampai saat ini negara dengan sistem dan kemampuan pertahanan yang baik akan disegani dalam kancah politik global. Berikut deretan lima jenis alutsista yang telah dibeli Indonesia selama Prabowo menjabat.



Kendaraan Taktis (Rantis) Maung

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/dok.SINDOnews

Kendaraan Taktis (Rantis) Maung ini adalah buatan PT Pindad. Kendaraan ini digunakan untuk memperkuat tugas prajurit TNI. Prabowo Subianto menyerahkan kendaraan taktis Maung ini ketika penyelenggaraan Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Jakarta pada 11-13 Januari 2021.

Rantis Maung mampu bergerak dengan keepatan hingga 120 km/jam, serta dapat menjangkau jarak tempuh hingga 800 km. Rantis Maung ini juga dilengkapi dengan braket senjata otomatis 7,62 mm, konsol SS2-V4, tracker kendaraan hingga perangkat GPS Navigasi. Kendaraan ini dapat menerjang medan yang sulit serta mampu beroperasi lepas di ruas jalan aspal.

Pesawat Angkut A400M

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/dok.Airbusmiitary

Indonesia secara resmi mengakusisi dua unit angkut pesawat angkut militer Airbus400 M. Pesawat yang mempunyai daya jelajah 8.900 km ini mempunyai tiga kemampuan yang meliputi pengangkutan taktis, pengangkutan strategi hingga pengisi bahan bakar di udara. Ruang angkut pesawat ini dapat menampung beban 37 ton.

A400M merupakan airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti eskavator hingga truk pengangkut bahan bakar kapasitas 80 ton. Pesawat ini juga mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan siap tempur. Pesawat A400M ini mempunyai peran penting dalam berbagai misi yang dijalankan, yaitu transportasi kargo besar hingga terjun payung.

Kapal Fregat

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/website fincantieri

Pada Juni 2021 Kementerian Pertahanan Indonesia telah menandatangani kontrak penyediaan enam fregat kelas FREMM dan dua fregat bekas kelas Maestrale. Kapal fregat FREMM mempunyai panjang 14 meter dan lebar 20 meter. Kapal ini dapat menampung 108 pasukan dan awak kapal. Kapal fregat FREMM ini dipersenjatai sistem rudal SAAM Aster 15.

Kapal ini juga dilengkapi dengan sistem senjata anti-kapal selam segala cuaca, Milas. FREMM dipersenjatai dengan rudal anti-kapal Exocet MM40 blok tiga milik MBDA. Sedangkan untuk fregat kelas Maestrale dilengkapi dengan perang anti-kapal selam (ASW). Selain itu, fregat kelas Maestrale dengan peluncur octuple Albatros. Peluncur ini mampu menembakkan rudal ke udara dan permukaan ke udara jarak menengah. Fregat kelas Maestrale dapat membawa 16 rudal tambahan.

Jet Tempur Dassault Rafale

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan

Foto/ist

Kementerian Pertahanan telah menekan kontrak kerja sama terkait pembelian enam jet tempur Dassault Rafale pada 10 Februari 2022. Jet tempur ini diproduksi perusahaan Prancis Dassault Aviation. Rafale mempunyai mesin kembar yang dirancang sebagai pesawat serbaguna.

Selain itu, jet ini dilengkapi dengan rudal serangan udara ke udara MICA dan METEOR, meriam internal 30 mm dengan kemampuan 2.500 putaran per menit. Rafale mampu menampung senjata hingga sembilan ton. Kecepatan jet tempur ini mencapai 1.384 kilometer. Jet tempur Rafale dapat melakukanpencegatan pesawat musuh dalam satu misi, serangan udara ke darat, serangan udara ke udara.

Kapal Selam Scorpene

5 Jenis Alutsista Canggih Ini Dibeli Prabowo Sejak Menjabat Menhan


Bersamaan dengan penandatanganan kontrak pembelian enam pesawat tempur Dassault Rafale, Prabowo juga membuat kesepakatan rencana pembelian dua unit kapal selam Scorpene. Rencana ni tertuang dalam salah satu poin kesepakatan antara Naval Group dengan PT PAL.

Scorpene merupakan kapal selam dengan berteknologi canggih yang dilengkapi dengan 4 generator diesel berdaya 2.500 kilowatt (kw). Scorpene mampu menampung sebanyak 32 kru dan memiliki berat keseluruhan mencapai 1.500 ton.

Scorpene menyelam hingga kedalaman 300 meter di bawah permukaan laut dan tetap melaju dengan kecepatan 20 knot setara dengan 37 kilometer per jam. Sedangkan ketika berada di permukaan air, laju dari Scorpene adalah 12 knots atau 22 kilomter per jam.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.8088 seconds (0.1#10.140)