Hari Ini Divonis, Begini Permintaan Azis Syamsuddin kepada Hakim

Kamis, 17 Februari 2022 - 07:07 WIB
loading...
Hari Ini Divonis, Begini Permintaan Azis Syamsuddin kepada Hakim
Azis Syamsuddin berharap hakim memberikan putusan yang adil terhadap dirinya. Foto/dok.SSINDOnews
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin siap menghadapi sidang putusan perkara suap yang membelitnya hari ini. Azis berharap majelis hakim menjatuhkan vonis yang adil sesuai dengan fakta persidangan.

Demikian diungkapkan Kuasa Hukum Azis Syamsuddin, Sirra Prayuna, menjelang sidang putusan kliennya hari ini. Sidang putusan terhadap Azis Syamsuddin rencananya digelar pukul 10.00 WIB di Pengadian Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

"Harapannya tentu Pak Azis ingin memperoleh putusan seadil-adilnya berdasarkam fakta yang terungkap di persidangan dan Insha Allah Pak Azis siap untuk mendengar pengucapan putusan," kata Sirra saat dikonfirmasi, Kamis (17/2/2022).



Diketahui sebelumnya, Azis Syamsuddin dituntut empat tahun dan dua bulan penjara serta denda sebesar Rp250 juta subsider enam bulan kurungan oleh tim jaksa penuntut umum pada KPK. Azis juga dituntut untuk dicabut hak untuk dipilih dalam jabatan publik/jabatan politis selama lima tahun setelah menjalani pidana pokok.

Jaksa meyakini Azis terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi. Azis diyakini telah menyuap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju terkait pengurusan sejumlah perkara yang sedang ditangani oleh lembaga antirasuah

Dalam melayangkan tuntutannya, jaksa mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan. Hal yang memberatkan jaksa dalam menuntut Azis yakni, karena terdakwa tidak mendukung upaya pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi.

Kemudian, perbuatan terdakwa Azis Syamsuddin juga dinilai telah merusak citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI). Terdakwa Azis juga dianggap tidak mengakui kesalahannya dan berbelit-belit selama persidangan. Sedangkan hal yang meringankan, Azis belum pernah dihukum sebelumnya.



Menurut jaksa, Azis telah terbukti menyuap mantan penyidik KPK, Stepanus Robin Pattuju sebesar Rp3.099.887.000 dan 36.000 dolar AS atau setara Rp519.706.800. Jika diakumulasikan, total suap Azis ke Stepanus Robin sekira Rp3.619.594.800 (Rp3,6 miliar).

Azis Syamsuddin diyakini sengaja menyuap Stepanus Robin melalui seorang pengacara, Maskur Husain dengan tujuan agar membantu mengurus kasus di Lampung Tengah. Di mana, kasus itu melibatkan Azis Syamsuddin dan orang kepercayaannya, Aliza Gunado.

Atas perbuatannya, Azis dinyatakan melanggar Pasal 5 ayat 1 huruf a Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 64 ayat (1) KUHP.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1302 seconds (0.1#10.140)